Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melawat ke Malaysia, Kamis, untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di kediaman resmi PM Anwar, Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis, berdiskusi dan membahas kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia sekaligus menjajaki peluang memperluas kemitraan yang sudah ada.

“Kunjungan Menhan Prabowo ke Malaysia menemui PM Malaysia H E. Anwar Ibrahim turut didampingi Menteri Pertahanan Malaysia Dato' Seri Utama Mohamad Hasan dan Wakil Menteri Dalam Negeri Datuk Shamsul Anuar Nasarah. Pertemuan tersebut membahas berbagai isu terkait kepentingan kedua negara khususnya di bidang pertahanan dan peningkatan hubungan bilateral,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha di Jakarta, Kamis.

Walaupun demikian, dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai isi pertemuan antara Prabowo dan Anwar Ibrahim di Seri Perdana.
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (empat kiri) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim (kanan) berbincang saat keduanya bertemu di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis (30/11/2023). ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan RI.


Prabowo bertolak ke Malaysia dari Jakarta pada Kamis pagi dan kembali lagi ke Tanah Air pada hari yang sama. Di Malaysia, agenda Menhan Prabowo hanya kunjungan kehormatan bertemu PM Anwar Ibrahim.

Setibanya di Seri Perdana, Prabowo yang mengenakan batik coklat langsung disambut oleh Anwar Ibrahim yang juga memakai batik bermotif bunga berwarna ungu. Keduanya berjabat tangan dan saling rangkul.

Sekitar sebulan yang lalu, Anwar Ibrahim juga menerima kedatangan Anies Baswedan di Putrajaya, Malaysia, pada 12 Oktober 2023. Dalam pertemuan itu, keduanya berdiskusi mengenai hubungan Indonesia dan Malaysia.

Di Malaysia, Anies saat itu tidak hanya bertemu dengan Anwar, tetapi juga untuk memenuhi undangan dari Institut Pemikiran dan Tamadun Islam Antarabangsa (ISTAC) serta Persatuan Alumni Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM).

Prabowo dan Anies, yang masing-masing merupakan calon presiden nomor urut 2 dan nomor urut 1, saat ini bersaing dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sejauh ini, hanya calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, yang belum bertemu dengan Anwar di Putrajaya.

Walaupun demikian, PM Malaysia menyambut langsung kedatangan Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI Puan Maharani di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 3 Oktober 2023.

Beberapa pengamat politik di Malaysia, sebagaimana dikutip dari kantor berita Bernama, menilai pertemuan itu bertujuan untuk menjaga hubungan erat Indonesia dan Malaysia terutama selepas Pemilihan Presiden RI 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemungutan suara Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024, sementara masa kampanye telah berlangsung sejak 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024.

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berkontestasi untuk posisi presiden RI dan wakil presiden RI. KPU RI menetapkan tiga pasangan calon itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk nomor urut 3.
Baca juga: TNI AU dan Angkatan Udara Malaysia patroli bersama di Selat Malaka
Baca juga: Indonesia dan Malaysia jajaki kerja sama tangani deforestasi
Baca juga: GBC Malindo Ke-43, RI-Malaysia aktifkan pos perbatasan bersama

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023