Bangunan yang utama untuk dapat dimanfaatkan pada HUT RI tahun depan yakni Kantor Presiden, Istana Negara, empat Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) ditargetkan selesai
Jakarta (ANTARA) - Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, sejumlah infrastruktur dasar yakni kantor presiden sampai dengan empat gedung kementerian koordinator dapat dimanfaatkan untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

"Bangunan yang utama untuk dapat dimanfaatkan pada HUT RI tahun depan yakni Kantor Presiden, Istana Negara, empat Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) ditargetkan selesai," ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Danis Sumadilaga di Jakarta, Kamis.

Danis mengatakan bahwa saat ini progres pembangunan IKN Nusantara bagus di mana untuk tahap (batch) pertama progresnya telah mencapai hampir 60 persen, sedangkan untuk batch kedua progresnya sekitar 2-3 persen.

Total pekerjaan fisik di IKN sampai dengan saat ini sebanyak 85 paket. Kementerian PUPR membaginya menjadi dua batch yakni batch 1 dan batch 2.

Batch 1 adalah kontrak-kontrak pekerjaan fisik yang penandatanganan kontraknya sebelum Maret 2023. Sedangkan batch 2 yakni paket-paket pekerjaan fisik yang terkontrak setelah Maret 2023.

Adapun proyek-proyek yang termasuk ke dalam batch 1 ini, seperti kantor-kantor pemerintahan, kemenko, kantor Presiden, dan jalan tol.

Sedangkan proyek yang termasuk ke dalam batch 2, seperti pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), infrastruktur air minum dan land clearing di kawasan 1B dan 1C, rumah susun ASN-Hankam, dan bandara VVIP IKN.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Presiden RI mengatakan bahwa perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI diselenggarakan di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Visi IKN sebagai smart forest city menjadi panduan dalam pembangunan IKN Nusantara. Pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung dan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Pada tahap awal di 2022-2024, pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas Kementerian PUPR adalah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Baca juga: Satgas IKN PUPR: Pembangunan IKN Nusantara mentransformasi BUMN

Baca juga: Satgas: Kompleks pemerintahan IKN terkonsolidasi dan terintegrasi alam

Baca juga: Satgas siapkan pembangunan "multi-utility tunnel" di IKN Nusantara

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023