Kami bangga dan bersyukur atas penghargaan ini yang merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh Mandirian.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih Bank Indonesia (BI) Award 2023 sebagai mitra terbaik dalam pengembangan pasar uang valuta asing (valas) dan rupiah.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Eka Fitria menyatakan penghargaan tersebut merupakan bukti atas komitmen Bank Mandiri yang secara aktif melakukan inovasi dan transformasi yang fokus untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

“Kami bangga dan bersyukur atas penghargaan ini yang merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh Mandirian, yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah,” ujar Eka Fitria, di Jakarta, Kamis.

Adapun bank bersandi saham BMRI tersebut dinobatkan sebagai Pendukung Pengembangan Pasar Uang Rupiah Terbaik, Pendukung Pengembangan Pasar Valas Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung Inovasi Operasi Moneter Valas Terbaik dalam ajang BI Award 2023. Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo kepada Eka, di Jakarta, Rabu (29/11) malam.

Menurut Eka, konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung BI didasari oleh komitmen perseroan untuk menjadi institusi keuangan yang berperan aktif dalam penciptaan industri finansial domestik yang kuat serta mampu mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pengendalian moneter, misalnya, Bank Mandiri memiliki basis nasabah eksportir yang sangat besar sehingga mampu menyediakan kebutuhan valas di pasar.

"Struktur pendanaan yang sangat kuat juga membuat Bank Mandiri mampu menyalurkan rupiah di pasar uang antarbank, sehingga fluktuasi suku bunga di pasar uang antar bank relatif stabil,” katanya menambahkan.

Hingga Oktober 2023, ia mengungkapkan, transaksi valas Bank Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang substansial sebesar 18,27 persen secara tahun kalender (year-to-date/ytd), didukung oleh basis nasabah eksportir dan importir yang kuat.

Sedangkan dalam mendukung pendalaman pasar uang, bank berlogo pita emas tersebut aktif membantu BI mengembangkan produk-produk di pasar keuangan domestik. Contohnya, produk transaksi repo antarbank dengan Bank Mandiri menjadi pemimpin pasar dan aktif mensosialisasikan produk tersebut kepada industri perbankan nasional.

“Untuk transaksi repo, kami telah berhasil meningkatkan jumlah mitra perbankan dalam transaksi repo menjadi 82 bank, memperkuat jaringan kemitraan untuk melakukan penetrasi pasar keuangan secara lebih komprehensif,” ujar Eka menambahkan.
Baca juga: Bank Mandiri optimistis lanjutkan kinerja positif hingga akhir tahun
Baca juga: Bank Mandiri gandeng Taman Safari perluas cakupan transaksi digital

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023