Untuk menjaga ekonomi tetap terkendali perlu disiarkan pemberitaan positif seputar ekonomi dan harga pasar mencegah gejolak hingga spekulasi.
Ambon (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Maluku mendapatkan penghargaan sebagai media elektronik partner daerah terbaik pendukung komunikasi strategis pengendalian inflasi daerah dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah kepada Kepala LKBN ANTARA Biro Maluku Ikhwan Wahyudi, disaksikan langsung oleh Gubernur Maluku Murad Ismail pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Maluku 2023, di Ambon, Kamis.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah mengatakan, BI terus mendorong kolaborasi dan kemitraan dengan seluruh pemangku kebijakan dan media untuk memajukan ekonomi daerah.

Terlebih lagi untuk menghadapi tantangan ke depan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Maluku sangat membutuhkan semua pihak untuk berkolaborasi, katanya pula.

Selain LKBN ANTARA , BI juga memberikan penghargaan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku sebagai mitra strategis pendukung pengendalian inflasi terbaik, DJPb Provinsi Maluku sebagai mitra strategis pendukung Asesmen Ekonomi dan Keuangan Daerah terbaik, Bank Mandiri sebagai perbankan dengan akuisisi terbanyak pada program Member Get Member QRIS.

Penghargaan juga diberikan kepada Pemerintah Kota Ambon yakni pemda dengan koordinasi ETPD paling kooperatif, kemudian kepada Bank Panin dengan pelaporan cashflow dan likuiditas terbaik, kemudian kepada PT Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Ambon sebagai kontak liaison paling koperatif dalam menyampaikan data dan informasi.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada kluster pangan binaan terbaik BI Maluku, yakni Kluster Taeno Mekar, kemudian kepada Mie sehat Cempaka sebagai UMKM binaan terbaik, dan kepada Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka merupakan pondok pesantren binaan pendukung Program Ekonomi Syariah terbaik, dan kepada Pempek Kulo UMKM syariah binaan terinovatif.

Kepala LKBN ANTARA Biro Maluku Ikhwan Wahyudi menyampaikan sebagai kantor berita milik negara pihaknya mempunyai tugas mencerdaskan, menginspirasi, mengedukasi dan menjaga keutuhan NKRI lewat pemberitaan.

Salah satu pemberitaan positif yang perlu terus disuarakan adalah menjaga agar ekonomi tetap terkendali, tidak ada gejolak dan perilaku konsumen lebih cerdas dalam berbelanja, kata dia.

Ia menilai untuk menjaga ekonomi tetap terkendali perlu disiarkan pemberitaan positif seputar ekonomi dan harga pasar mencegah gejolak hingga spekulasi.

"Dengan demikian masyarakat menjadi lebih cerdas dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan dan tidak ada upaya melakukan penimbunan karena khawatir terjadi kenaikan harga dan kelanggaan pangan," kata dia pula.

"Jika situasi pasar kondusif, tidak ada gejolak maka ekonomi akan lebih stabil dan terus bertumbuh yang berujung pada peningkatan kesejahteraan," katanya lagi.

Acara pertemuan tahunan BI Provinsi Maluku juga diramaikan dengan penampilan dari grup band Pusakata.
Baca juga: ANTARA: Buku foto upaya diseminasi kemajuan pembangunan
Baca juga: Perlu Ditingkatkan Pemberitaan Ekonomi RI-Jepang

Pewarta: John Soplanit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023