Kami dari Kemenparekraf mendukung 'travel fair' yang berfokus pada pariwisata Nusantara
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendukung gelaran #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang bertujuan menggelorakan Program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Kami dari Kemenparekraf mendukung 'travel fair' yang berfokus pada pariwisata Nusantara," ujar Angela saat ditemui dalam pembukaan DIATF 2023 yang digelar di Jakarta, Jumat.
 
Ia menambahkan, berkaca pada masa pandemi COVID-19 yang lalu, destinasi wisata dalam negeri telah menjadi tulang punggung pariwisata Indonesia.
 
Dengan populasi Indonesia sebesar 280 juta penduduk, lanjutnya, menjadi potensi besar yang dapat meraup kunjungan wisatawan dalam negeri dengan target salah satunya generasi muda.
 
Dalam kesempatan itu, dirinya pun mengajak berbagai pemangku kepentingan untuk berkolaborasi menawarkan penawaran-penawaran menarik bagi masyarakat.

Baca juga: Wamenparekraf : Aquabike Jetski berdampak positif bagi pariwisata

Baca juga: Wamenparekraf menilai Sekolah Pariwisata Desa tingkatkan kapasitas SDM
 
Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo RM Manuhutu menuturkan dalam pencapaian pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) 1,2-1,4 miliar pergerakan, destinasi wisata dalam negeri sudah sepatutnya menjadi andalan.
 
Sehingga ketika terjadi krisis, sektor pariwisata Indonesia dapat tetap bertahan dengan mengandalkan wisata dalam negeri.
 
"Sementara yang terlalu mengandalkan wisatawan asing seperti Taiwan, Thailand, dan data terakhir adalah Pemerintah Thailand mulai menyokong wisatawan domestiknya, bahkan berupaya menambah jumlah hari libur, kedua untuk mendorong sektor coffee shop, kafe," ujarnya.
 
Adapun DIATF 2023 merupakan gelaran yang diselenggarakan kedua kalinya. Kegiatan ini mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dalam mencapai target pergerakan wisnus 2023 sebesar 1,2-1,4 miliar yang digelar Astindo dan berkolaborasi dengan LPS serta didukung oleh Kemenparekraf dan Kemenko Marves.

Baca juga: Wamenparekraf ajak peserta jambore promosikan wisata

Baca juga: Wamenparekraf: Gen Z berpeluang tingkatkan dan majukan ekonomi kreatif

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023