Ambon (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Maluku memastikan kompetisi Liga 3 Maluku 2023 hanya diikuti empat klub.

  "Sampai pendaftaran hari terakhir hanya ada empat klub Liga 3 di Maluku yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini," ucap Ketua Asprov PSSI Maluku Supyan Lestaluhu di Ambon, Jumat.

  Hal itu dikatakan Supyan dalam pertemuan teknis membahas perihal kompetisi Liga 3 Maluku.

  "Keempat klub yang mengikuti Liga 3 Maluku itu Maluku FC, Pelauw Putra FC, Mandala Laimu FC dan Dolorosa FC," katanya.

  Supyan mengatakan, Liga 3 Maluku sekaligus kompetisi Soeratin U-13, U-15, dan U-17 akan dibuka pada 2 Desember 2023 di lapangan Lantamal IX Ambon.

  Ia melanjutkan bahwa sistem kompetisi yang dipakai untuk Liga 3 Maluku yaitu sistem kompetisi penuh home away. Artinya keempat klub akan saling berhadapan sebanyak dua kali untuk meraih poin sebanyak-banyaknya.

  Nantinya klub yang menepati urutan teratas dengan perolehan poin tertinggi akan menemani Maluku FC mengikuti kompetisi Liga 3 Nasional.

Baca juga: Maluku FC berharap Erick Thohir bisa lanjutkan Liga 2 dan Liga 3

  Meskipun hanya diikuti empat klub saja, namun Supyan optimis bahwa Liga 3 regional Maluku akan menyajikan pertandingan yang seru dan layak ditonton masyarakat Maluku.

  Terlebih lagi kehadiran Maluku FC sebagai salah satu tim kaya dari Maluku dengan segudang pemain potensial jebolan Liga 1 dan 2 Indonesia akan menjadi daya tarik tersendiri bagi publik Maluku.

  Supyan pun membenarkan bahwa pada Liga 3 nasional 2023, Provinsi Maluku akan mengirimkan dua klubnya untuk bersaing bersama klub-klub asal provinsi lain.

  "Kalau Maluku FC sendiri mereka akan otomatis tampil di liga 3 nasional 2023 karena mereka juara kompetisi 2022-2023, karena itu sudah keputusan dari PSSI bahwa tim yang sudah juara regional pada musim 2022-2023 yang terhenti karena tragedi Kanjuruhan akan bermain pada liga 3 nasional 2023, ditambah dengan tim yang berkompetisi regional pada tahun yang sama," kata dia menjelaskan.

Baca juga: Sepak bola Maluku, kaya potensi minim perhatian

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023