Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 140 petugas gabungan membersihkan Gelanggang Olahraga (GOR) Pondok Karya Pembangunan (PKP) di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat, untuk dijadikan gudang logistik Pemilu 2024.
 
Ke-140 petugas itu terdiri atas personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA), Sudin Pertamanan dan Hutan Kota serta Sudin Bina Marga.

Selain itu personel dari Sudin Lingkungan Hidup, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, Polri dan perwakilan KPU Jakarta Timur serta pihak Kecamatan Ciracas.
 
Camat Ciracas Yus Wil Rasyid mengatakan, petugas gabungan membersihkan di dalam dan luar GOR PKP dari sampah dan rumput liar agar terlihat bersih dan rapi. Hal itu dilakukan mengingat GOR akan dijadikan tempat penyimpanan atau gudang logistik pemilu.
 
"Tadi petugas gabungan membersihkan saluran air, mencabuti rumput liar dan mengangkut sampah di sekitar area GOR PKP," katanya.

Baca juga: Seluruh GOR di Jakarta Timur siap jadi gudang logistik Pemilu 2024

Petugas Puskesmas Kecamatan Ciracas juga melakukan penyemprotan (fogging) untuk memberikan kenyamanan kepada petugas yang menjaga logistik dari nyamuk dan serangga.
 
Pengelola sarana tersebut mengatakan seluruh bagian GOR siap untuk dijadikan sebagai gudang logistik Pemilu 2024.
 
Kepala Unit Pengelola GOR Jakarta Timur, Dedy Dwi Widodo mengatakan, pihaknya sejak awal pekan sudah bergerak cepat untuk memperbaiki beberapa fasilitas yang rusak. Ada beberapa GOR di Jakarta Timur dipakai sebagai penyimpanan logistik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
 
"Mulai Jumat, GOR mulai menerima pengiriman logistik KPU secara bertahap," ujarnya.

Baca juga: GOR Ciracas Jakarta Timur disiapkan jadi lokasi turnamen ketapel
 
Dedy mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan dan bersinergi dengan KPU, kecamatan dan Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) menjelang Pemilu 2024 agar GOR tersebut dalam kondisi baik dan layak pakai.
 
"Kami sudah memastikan, GOR Otista, GOR Kecamatan Makasar, GOR PKP di Kecamatan Ciracas, GOR Kecamatan Pulogadung, GOR Kecamatan Matraman dan GOR Kecamatan Duren Sawit, siap dipakai sebagai penyimpanan logistik pemilu," ujar Dedy.
 
Kesiapan itu dilaksanakan dengan melakukan berbagai upaya agar GOR semakin baik. Mulai dari perbaikan kerusakan ringan dan kebocoran atap ringan.

Selain itu penggantian kunci-kunci pintu yang rusak untuk keamanan gudang logistik di masing-masing GOR.
 
"Kami juga menyiapkan karpet untuk alas pelindung lapangan olahraga yang menggunakan bahan vinyl. Bahkan kami juga sudah melakukan pengecatan GOR yang terlihat kusam," kata Dedy.
Baca juga: KPU Jaksel: Tuduhan pelapor soal DPT fiktif tidak jelas

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023