Aktivitas masyarakat yang di wilayah banjir bandang lumpuh total sampai hari ini
Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana banjir bandang dan longsor di Trumon Raya, Kabupaten Aceh Selatan.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Jumat, mengatakan untuk meringankan beban masyarakat terdampak terdampak banjir yang terjadi di wilayah Trumon Raya beberapa waktu lalu.

"Bantuan dari Kemensos RI tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat dalam mempercepat pemulihan masyarakat di daerah bencana di Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Adapun bantuan yang disalurkan tersebut meliputi peralatan dapur berupa kompor beserta tabung dan perlengkapannya sebanyak 200 unit.

Kemudian, panci memasak nasi, kuali dan sendok penggorengan, serta panci rebus air, masing-masing 200 unit. Serta sembako atau kebutuhan pokok sebanyak 300 paket.

Baca juga: Bantuan terus mengalir bagi korban banjir bandang di Aceh Selatan
Baca juga: Pemkab Aceh Selatan kerahkan 10 alat berat tangani banjir bandang


Cut Syazalisma mengatakan Kemensos RI juga menyalurkan bantuan kepada pelajar korban bencana berupa seragam sekolah sepatu, tas, serta alat tulis.

Selain itu ada bantuan untuk kebutuhan pengungsian berupa tandon atau tempat penampungan air dengan kapasitas 550 liter sebanyak lima unit, kata Cut Syazalisma menyebutkan.

"Kami berharap bantuan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalau dikatakan cukup, bantuan tersebut tentunya belum mencukupi. Namun, pemerintah daerah akan terus mengupayakan bantuan untuk korban bencana di Trumon Raya," katanya

Selain bantuan, Cut Syazalisma mengatakan pemerintah daerah berupaya semaksimal mungkin melakukan pemulihan masyarakat dan wilayah terdampak bencana alam di Trumon Raya.

"Pemkab Aceh Selatan terus memaksimalkan penanganan dan pemulihan daerah bencana banjir. Berbagai langkah strategis dilakukan untuk mempercepat pemulihan wilayah agar aktivitas masyarakat kembali normal," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh salurkan bantuan untuk korban dampak banjir
Baca juga: Nagan Raya tetapkan status darurat banjir hingga 4 Desember 2023


Sebelumnya, banjir kiriman dan banjir bandang melanda Trumon Raya, pada Senin (20/11) malam. Bencana alam tersebut menyebabkan hampir semua rumah penduduk, rumah ibadah, bangunan sekolah rusak parah akibat banjir bandang.

"Aktivitas masyarakat yang di wilayah banjir bandang lumpuh total sampai hari ini. Kami juga pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat ikut membantu memulihkan kondisi korban banjir bandang di Kabupaten Aceh Selatan," kata Cut Syazalisma.

Ia juga mengajak seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan komponen masyarakat untuk bersama-sama menangani pemulihan wilayah banjir kiriman dan banjir bandang di Trumon Raya tersebut.

"Kami juga mengajak seluruh jajaran Pemkab Aceh Selatan bekerja sama menangani pemulihan wilayah bencana, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Pertamina salurkan bantuan dexlite-bright gas bagi korban banjir Aceh
Baca juga: LSM: Banjir di Aceh Barat akibat perambahan hutan dan tambang ilegal
Baca juga: BNPB: 251 warga Aceh Selatan bertahan di pengungsian akibat banjir

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023