Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri undangan Tim 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP) di dekat kolong Tol Dalam Kota Pluit, Jalan Rawa Bebek, Jakarta Utara, Jumat petang, hanya belasan menit.

"Kami enggak kecewa karena kami hanya ingin melihat antusiasnya masyarakat luar biasa. Jadi, bukan dalam konteks Gibran berpidato, berbicara lama di sini, tidak," kata Wakil Ketua Relawan Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Roy Edison Maningkas, usai Gibran meninggalkan acara sekitar pukul 18.09 WIB

Gibran juga datang setelah hampir dua jam acara berlangsung atau sekitar pukul 17.48 WIB, dari awalnya diundang hadir pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Gibran lanjut kampanye ke Penjaringan usai Rakornas TKN dan TKD

Kedatangan putra sulung Presiden Joko Widodo itu hendak melihat kematangan program kerja pos komando (posko) pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat.

Posko tersebut berada di permukiman padat penduduk, Jalan Rawa Bebek, Gang 14, RT 13/11 Kelurahan Penjaringan.

Selain itu, Gibran juga menyempatkan untuk membagi-bagikan sejumlah susu kotak dan buku kepada anak-anak usia sekolah yang sudah menantikan kedatangannya.

Berbeda dengan posko pemenangan pada umumnya, di posko itu nantinya dilengkapi dengan koneksi internet gratis dari jaringan nirkabel (wifi).

Baca juga: Prabowo-Gibran tiba di rakornas tim kampanye

Jadi, kunjungan itu untuk memantau sejauh mana aktivitas digital masyarakat, baik pekerja, mahasiswa, pelajar, pelaku UMKM dan lainnya.

"Di sini rata-rata penggunaan internet penduduknya mencapai 1 sampai 4 gigabyte per hari, jadi cukup tinggi," kata Koordinator Nasional Tim 8-RJBBP Wignyo Prasetyo.

Dengan adanya posko dan wifi gratis, masyarakat di sekitar posko pemenangan diharapkan mendapat akses informasi dan ilmu pengetahuan yang luas.

Selain itu, terhadap pelajar juga diharapkan mampu mengerjakan tugas-tugasnya yang berbasis internet sehingga ke depannya masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Baca juga: Gibran siap berdialog terkait penetapan UMK

Sebab dalam waktu yang tidak lama lagi, Indonesia akan mencapai usia 100 tahun proklamasi kemerdekaan pada tahun 2045.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang mencita-citakan tercapainya Indonesia Emas atau sebelum tahun 2045.

Untuk mencapai Indonesia Emas 2045, mulai tahun 2025 dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan pada angka 6 persen hingga 7 persen.

Pertumbuhan tersebut perlu didukung dengan penguatan peran pemerintah dalam roda ekonomi dan pembangunan bangsa sesuai falsafah ekonomi Pancasila.

TIM 8-RJBBP juga memprogramkan pendirian posko dan wifi gratis di 11 provinsi di tanah air, yaitu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

"Jadi, hal sederhana yang kami lakukan yaitu dengan memberikan wifi gratis kepada masyarakat, menjadi langkah besar untuk mendorong kemajuan bangsa," kata Wingnyo.

Baca juga: TKN klaim gaya politik Prabowo-Gibran mulai diapresiasi paslon lain

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023