Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Amateurs Golfers Indonesia menggelar Kejuaraan Golf Mid-Amatir yang mengusung misi memberi wadah dan merangkul pegolf amatir dari berbagai daerah di Tanah Air yang ingin berkompetisi.

"Kejuaraan Golf Mid-Amatir yang baru pertama kali kita gelar di Indonesia pada 2023 ini, ke depan akan menjadi wadah yang merangkul klub-klub golf untuk memamerkan keterampilan dan kecintaan mereka terhadap olahraga ini," kata Co-founder Amateur Golfers Indonesia Vito Robot dalam konferensi pers Kejuaraan Golf Mid-Amatir di kawasan lapangan golf Riverside Golf Club, Bogor, Jumat.

Kejuaraan Golf Mid-Amatir mulai digelar di Indonesia sejak Mei 2023 yang berlangsung sebanyak 4 seri, terkahir pada 30 November-1 Desember di Lapangan Riverside Golf Club.

Vito mengatakan, pada 2024 mendatang, pihaknya akan mengadakan kejuaraan berseri lagi yang akan dimulai pada awal tahun.

"Jadi ini ditujukan menjadi media teman-teman yang ingin berkompetisi dalam rentang usia 25-55 tahun," katanya.

Mid-amatir merupakan kategori ketiga dari empat kategori dalam kejuaraan golf, setelah junior (di bawah 19 tahun), amatir (usia bebas), serta terakhir kategori senior (di atas 55 tahun).

Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PGI) Adi Saksono mengatakan, Kejuaraan Mid-Amatir merupakan bagian dari turnamen level atas karena merupakan turnamen pegolf amatir yang sudah mendekati profesional.

Ia mengatakan, Pengurus Besar PGI memiliki pengurus golf tingkat daerah yang tersebar di 24 provinsi yang didukung dengan lapangan golf dan atlit di daerah.

Hanya saja, kata dia, perkembangan golf di Indonesia belum menyebar ke semua daerah namun hanya di wilayah Pulau Jawa, Bali, sebagian Sumatera, dan sebagian Kalimantan.

"Jadi Mid-Amatir ini ke depan akan dicoba untuk diselenggarakan di luar Pulau Jawa tetapi masih kita coba konsentrasikan karena ini baru tahun pertama kejuaraan ini kita adakan," katanya.


Baca juga: PGI beberkan prestasi golf Indonesia di kancah mancanegara
Baca juga: Sebanyak 48 pegolf adu keterampilan dalam Kejuaraan Golf Mid-Amatir
Baca juga: Ratna dan peran sejati caddy di dunia golf

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023