Jakarta (ANTARA) - Di tengah kerumunan, seorang wanita berambut panjang dengan topi berwarna merah menyeka air mata harunya yang tak terbendung lagi. Teman-teman di sampingnya memberikan ucapan selamat dan turut berselebrasi merayakan kemenangan pegolf India Gaganjeet Bhullar dalan turnamen golf BNI Indonesian Masters 2023.

Sosok wanita yang terisak haru itu adalah Ratna, seorang caddy dengan pengalaman 12 tahun yang menemani Bhullar selama pertandingan. Kerja kerasnya bersama pegolf berusia 35 tahun itu membuahkan hasil yang manis: sebuah kemenangan.

Ratna memang tak mendapat piala, tapi perannya begitu penting dalam mengantarkan Gaganjeet Bhullar menjadi yang terbaik di turnanen golf  yang berlangsung di Royale Jakarta Golf Club, 16-19 November itu.

Tak heran jika Gaganjeet Bhullar menyebut peran caddy sebagai salah satu kunci kesuksesan dia menjadi juara, mengalahkan pegolf-pegolf dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Thailand, dan Indonesia.

Dalam seremonial kemenangan, Bhullar mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah membantunya selama pertandingan, termasuk sang caddy.

“Saya ingin berterima kasih kepada seluruh anggota timku: psikolog, pelatihku, dan caddy. Terima kasih banyak!” seru Bhullar seraya mengangkat piala Indonesian Masters.

Di lapangan Golf yang terletak di wilayah Timur Jakarta itu, turnamen golf BNI Indonesian Masters berlangsung. Turnamen ini cukup bergengsi karena tergabung dalam Kalender Asian Tour. 

Para pegolf tentu menjadi sorotan utama dalam turnamen tersebut dan juga turnamen-turnamen golf lainnya. Namun, pada hari pertandingan yang berlangsung selama empat hari itu, tak hanya pegolf yang sibuk; semua kru sibuk dalam tugasnya masing-masing dan salah satu yang paling sibuk adalah para caddy yang mendampingi para pegolf.

Seorang caddy, pria maupun wanita, berjalan di belakang para atlet dengan rompi berwarna hitam bertuliskan nama pegolf yang mereka dampingi sambil membawa tas berbentuk tabung yang berisi stik golf serta lap yang digunakan untuk membersihkan stik yang telah dipakai oleh pemain.

Kehadiran mereka selalu berada di satu langkah di belakang pegolf. Sebelum pegolf memukul bola putih, caddy akan memeriksa stik yang akan digunakan, mengambil bendera dari lubang, dan memastikan pegolf telah siap dengan taktik masing-masing.

Motivasi kecil seperti tepukan di punggung ataupun tos diberikan oleh caddy sebagai bentuk dukungan dan harapan kepada pegolf yang mereka dampingi.
 

Baca juga: Pegolf India Gaganjeet Bhullar menangi BNI Indonesia Masters 2023

Halaman berikut: caddy yang sering dipandang sebelah mata

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023