Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PGI) meningkatkan perhelatan kejuaraan nasional (kejurnas) golf kategori amatir di Tanah Air dari sebelumnya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun.

"Untuk amatir, kita punya kejurnas yang biasanya setahun sekali, kita bikin tiga pada tahun depan (2024)," Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono dalam konferensi pers Kejuaraan Golf Mid-Amatir di kawasan lapangan golf Riverside Golf Club, Bogor, Jumat.

Ia mengatakan, pelaksanaan kejurnas ke depan juga tidak hanya dipusatkan di Jakarta namun juga di daerah lain di luar Pulau Jawa.

Pada Januari 2024, kata dia, kejurnas golf amatir akan digelar di Jababeka Golf & Country Club, Jawa Barat, selanjutnya pada Juni di Riau, dan terakhir di Gading Raya, Banten.

"Artinya ini mewakili tiga provinsi. Untuk DKI justeru belum kita sentuh," katanya.

Adi menjelaskan, selain itu, untuk kejurnas golf kategori junior juga akan digelar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan di Malang, Jawa Timur.

PGI juga akan menambah lagi lokasi pelaksanaan kejurnas di wilayah provinsi lain seperti Sulawesi Selatan, maupun Batam sehingga kejurnas secara junior dan amatir sudah mulai tersebar di berbagai daerah.

Adi mengatakan, pelaksanaan kejurnas di daerah-daerah ini juga untuk menarik atau merangkul pegolf-pegolf di daerah yang selama ini belum berkesempatan untuk tampil dalam kompetisi.

Selain itu, juga untuk memasyarakatkan olahraga golf mengingat perkembangan golf di Indonesia belum menyebar ke semua daerah di Tanah Air.

"Kita ingin golf semakin dikenal berbagai kalangan masyarakat agar muncul potensi-potensi baru yang bisa mengangkat prestasi hingga ke tingkat mancanegara," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023