Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Relawan Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024, Roy Edison Maningkas, menyebut implikasi program makan siang dan susu gratis adalah untuk memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah.

Roy yang menemui wartawan usai acara bersama Gibran di Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat, menjelaskan dana untuk menjalankan program tersebut di seluruh Indonesia yang mencapai Rp500 triliun akan digunakan untuk menghidupkan peluang pelaku UMKM dan menumbuhkan usahanya.

"Kurang lebih Rp400 triliun sampai Rp500 triliun ya, dan itu kan menghidupkan ekonomi yang di bawah ya. Jadi, akan tumbuh UMKM-UMKM (yang bergerak di sektor produksi susu dan warung makan)," kata Roy.

Baca juga: TKD Prabowo-Gibran bagi makan siang susu gratis di kampanye perdana

Makanan yang dibagikan tersebut berupa nasi dan ayam goreng serta minuman susu coklat, seperti yang sudah dilaksanakan di berbagai tempat, salah satunya yang menyasar warga di Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (28/11).

Menu makanan tersebut nantinya juga akan berganti-ganti sesuai dengan komposisi gizi yang baik. Sebagaimana gizi dalam ayam dan susu yang kaya dengan protein yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak.

Menurut Roy, program ini bisa menjadi gambaran manfaat bagi masyarakat ketika Prabowo-Gibran terpilih, sehingga program makan siang dan susu gratis serta bantuan gizi bisa dijalankan.

Baca juga: TKN Prabowo-Gibran salurkan makan siang di 200 kota dalam dua pekan

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyapa warga saat blusukan di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat.

Dalam kampanye perdananya itu, Gibran membagikan buku dan susu serta menyapa masyarakat di kawasan tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pada 13 November 2023, KPU telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Baca juga: Repnas: Program makan siang gratis Prabowo bisa sejahterakan UMKM
Baca juga: Prabowo-Gibran akan optimalkan pajak untuk biayai program makan gratis
Baca juga: Prabowo akan beri 82,9 juta rakyat makan siang gratis dan bantuan gizi

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023