Jakarta (ANTARA) - Pada hari  Jumat (1/12) kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 sudah memasuki hari keempat.

Kampanye hari keempat diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon), yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pada hari keempat kampanye, ketiga paslon telah melakukan berbagai kegiatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat.

Baca juga: Timnas AMIN: Secara teknik Anies-Muhaimin sudah piawai untuk debat

Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN)

Pada hari keempat paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melanjutkan kampanye sesuai dengan jadwal.
 
Calon Presiden RI Anies Baswedan menyampaikan orasi saat melakukan kampanye di Grand Sudirman Ballroom, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.


Capres Anies mengawali kampanye sekitar jam 13.50 WIB di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Di lokasi ini capres nomor urut 1 itu bertemu dan berdialog dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Pada pertemuan itu, Anies menyampaikan visi dan misi serta gagasannya memakmurkan Indonesia ke depan. Selain itu, Anies juga meminta kepada media massa agar mengajak warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Setelah pertemuan dengan pengurus PWI Pusat, Anies melanjutkan kampanyenya degan menghadiri Silaturahmi Nasional Relawan Garda Matahari. Relawan tersebut merupakan kumpulan sejumlah tokoh utama dalam organisasi keagamaan, khususnya Muhammadiyah.

Anies selanjutnya menghadiri haul K.H. Noer Ali di Bekasi, Jawa Barat. Ketika berangkat ke lokasi, Anies dibonceng oleh patwal menggunakan sepeda motor untuk menghindari macet karena bersamaan dengan jam pulang kerja.

"Kalau pakai mobil enggak cukup waktunya. Padat harus balik lagi ke Jakarta waktunya mepet, jadi pakai motor," kata Anies.

Sementara itu, Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar pada hari keempat kampanye memulai dengan menghadiri acara Silaturahmi Nasional Garda Matahari di salah satu hotel yang berada di Jakarta Selatan bersama pasangannya Anies Baswedan.

Setelah acara tersebut Cak Imin sapaan akrabnya melanjutkan kampanye dengan menghadiri Musyawarah Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Saat berada di lokasi tersbut, Cak Imin memaparkan visi dan misi pasangan AMIN, mulai masalah hukum, politik, pertumbuhan ekonomi, pemberantasan korupsi, hingga pertambangan.

"Kami menyampaikan berbagai visi dan misi tentang perubahan serta tentang unsur keadilan harus masuk di setiap kebijakan pemerintahan sehingga yang gede tetap gede, yang kecil tidak boleh tetap kecil, harus tumbuh menjadi besar," ujar Cak Imin kepada wartawan seusai acara tersebut.

Baca juga: Roy Maningkas sebut implikasi program Prabowo-Gibran untuk UMKM

Pasangan Prabowo-Gibran

Hari keempat kampanye, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih belum mengambil cuti libur kampanye.

Hingga hari keempat kampanye Capres Prabowo masih menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Prabowo menyerahkan 8 unit helikopter H225M ke TNI AU di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat.
Calon Presiden RI Prabowo Subianto menyampaikan pidato saat Konsolidasi TKD Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat di The House Convention Hall, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023). ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa/YU


Setelah menjalankan tugasnya sebagai Menhan, pada hari yang sama Prabowo menyempatkan diri untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Tim Kampanye Daerah (TKD) di salah satu hotel di Jakarta Pusat.

Prabowo tidak sendirian, dia didampingi Cawapres RI Gibran saat menghadiri acara tersebut. Mereka tiba di lokasi acara pada pukul 15.37 WIB dengan mengenakan pakaian warna biru langit yang menjadi ciri khas pasangan tersebut.

Kurang lebih 1 jam keduanya berada pada acara rakornas tersebut, kemudian mereka melanjutkan agenda lainnya.

Capres Prabowo melanjutkan dengan bertemu relawan Pandawa Lima di Djakarta Theater. Di lokasi tersebut Prabowo sempat memberikan sambutan. Dia yakin akan memenangi kontestasi politik 5 tahunan itu karena mendapatkan dukungan dari kekuatan Jokowi dan Luhut Binsar Panjaitan (LBP).

"Kalau kekuatan Jokowi-Prabowo bersatu, apalagi ada LBP di situ, apalagi ada dukungan Pandawa Lima," kata Prabowo.

Setelah menghadiri Rakornas TKN dan TKD, Cawapres Gibran melanjutkan dengan menghadiri undangan Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Gibran sempat membagikan susu dan buku kepada anak-anak di lokasi tersebut. Gibran tidak memberikan sambutan apa pun, bahkan kehadiran Gibran di lokasi tersebut kurang dari 30 menit.

Baca juga: Ganjar optimistis hadapi debat pilpres tema hukum, HAM, dan korupsi

Pasangan Ganjar-Mahfud

Pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. melaksanakan kampanye hari keempat di luar daerah. Capres Ganjar berkampanye di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Cawapres Mahfud berkampanye di Banten.

Ganjar tiba di Kupang, NTT, sekitar pukul 10.52 WITA dan langsung di sambut oleh warga suku Timor dengan diberikan kain sebagai penghormatan.
Calon Presiden RI Ganjar Pranowo (tengah) didampingi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun (kiri) dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu (kanan) menyampaikan paparannya di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (30/11/12). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Spt.


Di NTT Ganjar berkampanye di beberapa lokasi, di antaranya melakukan pertemuan dengan Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), bertemu dengan tokoh lintas agama, mahasiswa, dan para pempengaruh lokal.

Ganjar sempat berdiskusi terkait dengan toleransi antarumat beragama di Kupang, NTT. Menurut dia, Kupang menjadi salah satu kota toleran di Indonesia. Dia berharap itu akan terus dirawat.

"Kupang menjadi salah satu kota toleransi tertinggi. Kalau di Jawa Tengah ada Kota Salatiga," kata Ganjar Ketika berdiskusi dengan ulama dan tokoh masyarakat di Kantor MUI Kota Kupang.

Tidak hanya itu, capres nomor urut 1 itu juga menyoroti masalah tindak pidana perdagangan orang (TPPO) karena menurut Ganjar kasus tersebut harus diberantas bersama antara pemerintah daerah dan pusat.

Ganjar juga tidak lupa mengajak masyarakat Kupang untuk bersama-sama mencegah konflik menjelang Pemilu 2024.

Untuk menjaga kondisi keamanan tetap terjaga dengan baik, kata dia, seluruh masyarakat harus selalu menjaga persatuan, tidak ribut, dan tidak membuat hoaks yang dapat menimbulkan konflik.

Sementara itu, Cawapres Mahfud Md. pada hari keempat kampanye mengunjungi sejumlah lokasi di Provinsi Banten. Kegiatan dimulai dengan mengunjungi pondok pesantren yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pada saat orasi Mahfud mengatakan bahwa kedatangannya ke Pandeglang untuk menyampaikan pesan persaudaraan sebab semua umat wajib dapat perlindungan yang sama berdasarkan konstitusi.

Pesan tersebut, kata Mahfud, harus terus didengungkan menjelang Pemilu 2024 seraya mengajak masyarakat untuk memilih pasangan calon presiden/wakil presiden. Namun, dia tidak mengajak memilih pasangan tertentu, termasuk dirinya.

"Saya tidak akan menyarankan, menyuruh, pilih siapa. Saudara nilai semua calon yang ada. Memang kebetulan saya menjadi salah satu calon. Silakan bandingkan, kalau enggak, ya, sudah enggak apa-apa," kata Mahfud.

Selain berkampanye di Banten, Mahfud juga menyaksikan teater yang dibawakan oleh Butet Kartaredjasa dan kawan-kawan di Taman Ismail Marzuki.

Mahfud hadir di TIM sebagai agenda terakhir pada hari keempat masa kampanye Pemilu 2024. Sebelumnya, dia juga melakukan lawatan ke sejumlah lokasi di Banten, seperti Pondok Pesantren Mathala'ul Anwar Linahdatil Ulama di Pandeglang dan sentra UMKM Desa Tegal Wangi, serta sempat menghadiri acara Mukernas III MUI 2023 di Jakarta.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023