Sunak meyakinkan Raja Abdullah bahwa Inggris akan terus menekan Israel mengenai pentingnya mematuhi hukum humaniter internasional dan mencegah kekerasan pemukim di Tepi Barat
London (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada Jumat bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II untuk menyatakan Inggris akan terus menekan Israel agar mematuhi hukum kemanusiaan internasional, kata Kantor Perdana Menteri Inggris.

Perdana Menteri Inggris dan Raja Yordania itu bertemu di sela-sela konferensi iklim COP28 di Dubai, kata kantor tersebut dalam pernyataan tertulis.

"Sunak meyakinkan Raja Abdullah bahwa Inggris akan terus menekan Israel mengenai pentingnya mematuhi hukum humaniter internasional dan mencegah kekerasan pemukim di Tepi Barat."

Inggris juga menyebutkan  bahwa Sunak mengakui “peran penting” yang dimainkan Yordania dalam mengatasi krisis di Gaza dan memuji dukungan bantuan Yordania kepada warga sipil Palestina.

Baca juga: Jeda kemanusiaan berakhir, truk-truk bantuan berhenti masuk Gaza

"Perdana Menteri menegaskan kembali komitmen Inggris untuk berupaya mencapai resolusi konflik yang bertahan lama, yang memberikan martabat, perdamaian dan keamanan bagi Israel dan Palestina," kata dia.

Kedua pemimpin juga menegaskan pentingnya kelanjutan hubungan bilateral antara kedua negara.

Paling sedikit 109 warga Palestina meninggal dunia dan beberapa luka-luka ketika Israel kembali menyerang berbagai wilayah di Jalur Gaza, setelah jeda kemanusiaan berakhir, kata Kementerian Kesehatan di Gaza.

Jeda antara Israel dan Hamas yang mulai berlaku pada 24 November, berakhir Jumat pagi waktu setempat.

Baca juga: Dikira milisi Hamas, warga Israel tewas ditembak tentara

Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023