Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh menyampaikan bahwa banjir hingga Sabtu masih menggenangi empat wilayah kecamatan di Kota Subulussalam.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas, banjir masih menggenangi permukiman penduduk di wilayah Kecamatan Sultan Daulat, Rundeng, Longkib, dan Simpang Kiri.

"Ketinggian air antara 20 dan 80 cm," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan pers Pusat Data dan Informasi BPBA di Kota Banda Aceh.

Dia menjelaskan, pada 21 November 2023 hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir di Kecamatan Rundeng dan Sultan Daulat. Banjir kemudian meluas ke wilayah Kecamatan Simpang Kiri dan Longkib.

Menurut data terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussalam, ada 23 desa yang terdampak banjir di empat wilayah kecamatan tersebut.

"Curah hujan yang tinggi melanda Kota Subulussalam menyebabkan air Sungai Lae Souraya meluap, sehingga mengakibatkan banjir," kata Ilyas.

Banjir menyebabkan pemukiman warga, fasilitas umum, jalan nasional, dan jalan desa tergenang di bagian wilayah Kecamatan Sultan Daulat, Rundeng, Longkib, dan Simpang Kiri.

"Saat ini akses jalan menuju Gampong Siperkas, Gampong Kuta Beringin, Kecamatan Rundeng, tergenang air di beberapa titik," kata Ilyas, menambahkan, tinggi genangannya 20 sampai 80 cm.

Menurut dia, banjir juga sempat menggenangi bagian jalan di Gampong Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, tetapi sekarang sudah mulai surut.

BPBD Kota Subulussalam mencatat, bencana banjir berdampak pada 3.314 orang dalam 871 keluarga di Kecamatan Daulat, 10.636 orang dalam 2.479 keluarga di Kecamatan Rundeng, 829 jiwa dalam 373 keluarga di Kecamatan Longkip, dan 95 keluarga di Kecamatan Simpang Kiri.

Ilyas menyampaikan bahwa bencana banjir memaksa 452 orang dalam 99 keluarga mengungsi di Gampong Suak Jampak, Kecamatan Rundeng.

BPBD Subulussalam berkoordinasi dengan aparat pemerintah desa untuk mendata dampak banjir dan menyiapkan personel tim reaksi cepat guna membantu penanganan dampak bencana.

Baca juga:
Empat daerah di Aceh dilanda banjir dan tanah longsor
Banjir masih merendam dua kecamatan di Subulussalam

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023