Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk menghargai dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Kita sebagai anak bangsa wajib menghargai Pancasila, sehingga pemikiran yang ditorehkan Bung Karno dalam renungannya benar-benar bisa kita terapkan. Caranya bagaimana? Jangan korupsi, jangan kolusi dan jangan nepotisme," kata Ganjar saat mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu.

Tak lupa, Ganjar mengunjungi sebuah taman yang di dalamnya terdapat sebuah pohon sukun yang konon merupakan tempat Bung Karno merenung. Salah satu hasil perenungan Bung Karno, lanjut Ganjar, adalah lima butir sila dalam Pancasila.

“Dengan segala kreativitasnya, Bung Karno tetap berkarya saat di pengasingan. Ada tonil yang ia ciptakan, lukisan, edukasi, dan ada inspirasi luar biasa sampai akhirnya merenung di bawah pohon sukun yang menghasilkan lima sila Pancasila. Ende memang sangat bersejarah,” katanya.

Selama berada di sana, Ganjar mengaku menghayati bahwa kelahiran Pancasila bukanlah proses yang mudah. Menurut Ganjar, proses tersebut dapat terwujud dengan semangat dan nasionalisme tinggi melalui perjuangan pendiri bangsa.

Sebab itu, Ganjar mengingatkan masyarakat untuk dapat menghormati para pahlawan, seperti Presiden Pertama RI Soekarno.

"Karena di sinilah pahlawan kita menyerahkan seluruh harta, nyawa, tenaga, pikiran, semuanya untuk kesejahteraan bangsanya. Kita harus menghormati mereka,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Di sisi lain, Ganjar menjelaskan bahwa Rumah Pengasingan Bung Karno saat menjadi tahanan politik tahun 1934-1938 itu, seperti daftar tempat yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Ende, NTT.

“Setiap kita ke Ende, pasti kita ke rumah pengasingan Bung Karno. Dan di sinilah, selama kurang lebih 4 tahun Bung Karno ada di sini,” ujarnya.

Ganjar sempat melihat dengan saksama berbagai peninggalan di rumah pengasingan tersebut. Adapun beberapa koleksi benda dan bangunan masih tersusun rapi di dalamnya, di antaranya setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, lukisan, hingga biola.

Sumur yang menjadi tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya juga tak ketinggalan dikunjungi. "Airnya masih sangat segar, jernih," kata Ganjar setelah membasuh wajah dan kakinya dari air sumur tersebut.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Warga Ende antusias sambut Ganjar Pranowo
Baca juga: Cara Ganjar berantas korupsi, siap mengawasi dari “top leader”

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023