Jakarta (ANTARA) - Administrator Diosesan Keuskupan Agung Ende Romo Yosef Daslan Moang Kabu menyebut bahwa persatuan Indonesia sangat penting dijaga dengan sosok kepemimpinan terbaik, seperti pada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

“Kami meyakini Pak Ganjar dan Pak Mahfud adalah pasangan pemersatu bangsa. Jika menjadi presiden, kami yakin Pak Ganjar dan Pak Mahfud adalah pemersatu, penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Romo Yosef saat menyambut kedatangan Ganjar Pranowo di Keuskupan Agung Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu.

Kunjungan Ganjar tersebut disambut puluhan tokoh Keuskupan Ende dan para pendeta yang berkumpul di Keuskupan Agung Ende, Kabupaten Ende, NTT.

Menurut Romo Yosef, Ganjar-Mahfud memiliki tugas yang tidak mudah untuk diselesaikan apabila nanti terpilih menjadi pemimpin Indonesia, yakni berkaitan dengan kesatuan dan persatuan bangsa.

Karena itu, Romo Yosef bersama para romo, pendeta, dan suster di Keuskupan Agung Ende mengatakan siap berkontribusi membantu kepemimpinan Ganjar-Mahfud untuk menyebarkan kedamaian, ketentraman dan kebhinekaan di Indonesia, khususnya di NTT.

“Pak Ganjar dan Pak Mahfud sebagai paket yang kami harapkan betul-betul memberi ruang kepada kami untuk wilayah Indonesia timur ini,” katanya.

Baca juga: Ganjar ajak masyarakat hargai Pancasila

Romo Yosef juga berharap bahwa pembangunan Indonesia nantinya bukan hanya Jawasentris, tetapi Indonesiasentris bila Indonesia dipimpin oleh pasangan Ganjar-Mahfud.

“Yaitu pembangunan yang bukan lagi berdasarkan Jawasentris, tetapi Indonesiasentris. Itu yang baik, dan benar bukan hanya IKN (Ibu Kota Nusantara)-nya tapi seluruh program kegiatan kita ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar berterima kasih kepada para romo, pendeta dan suster Keuskupan Ende yang telah menyampaikan aspirasi dan gagasan tentang persatuan Indonesia. Sebab itu, Ganjar berkomitmen menjaga persatuan dan meratakan pembangunan.

“Tentu saja kenapa kami dari tim pada hari pertama keluar dari Jawa. Saya ke Merauke, Pak Mahfud dari Sabang, karena misi yang ingin kami sampaikan adalah betapa pentingnya persatuan Indonesia,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Ganjar mengunjungi Ende untuk ziarah ke makam Uskup Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota yang berpulang pada 19 November lalu. Di pusara Uskup Agung Ende itu, Ganjar dan para tokoh agama melantunkan doa.

Usai berkunjung ke Keuskupan Agung Ende, Ganjar melanjutkan kegiatannya di Kota Pancasila itu. Ganjar mengunjungi Rumah Pengasingan Soekarno dan memberikan sambutan dalam acara wisuda mahasiswa Universitas Flores.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Cerita Ganjar 7 kali gagal ke Rote hingga jadi pimpinan Funu Keu
Baca juga: Warga Ende antusias sambut Ganjar Pranowo

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023