Jakarta (ANTARA) - Hasil undian babak grup UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 menempatkan tim nasional Spanyol, Kroasia dan Italia tergabung di grup B bersama dengan Albania.

UEFA melakukan undian babak grup Euro 2024 yang berlangsung di kota Hamburg, Jerman, pada Sabtu malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Saat ini terdapat 21 negara yang telah memastikan diri tampil di turnamen Euro 2024.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2024 (@euro2024)


Spanyol akan bertemu kembali dengan Italia lima kali berturut-turut di ajang Euro. Grup B akan menjadi grup neraka karena dihuni oleh tim-tim unggulan seperti Spanyol, Kroasia dan juara bertahan Italia, sementara Albania akan bertindak sebagai tim kuda hitam.

Sementara itu tuan rumah Jerman tergabung dengan Skotlandia, Hungaria dan Switzerland di grup A. Lalu di grup C, terdapat tim unggulan Inggris yang akan dihadapkan ujian berat menghadapi Denmark, Slovenia dan Serbia.

Juara Piala Dunia 2018, Prancis berada di grup D dan akan bersua menghadapi Belanda dan Austria. Tim unggulan Belgia menempati grup E bersama dengan Slovakia dan Rumania. Sedangkan juara Piala Eropa 2016, Portugal menghuni grup F bersama dengan Turki dan Ceko.

Saat ini masih terdapat slot tiga negara yang masih diperebutkan di babak play-off. Babak semifinal play-off akan berlangsung pada 21 Maret 2024. Sementara untuk babak final play-off akan dilaksanakan pada 26 Maret 2024.

Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Jerman akan memulai pertandingan pembuka pada 14 Juni 2024. Sedangkan pertandingan final dijadwalkan akan dilangsungkan pada 14 Juli 2024.

Dilansir dari laman resmi UEFA, berikut daftar pembagian grup UEFA Euro 2024:
Grup A: Jerman, Skotlandia, Hungaria, Switzerland
Grup B: Spanyol, Kroasia, Italia, Albania
Grup C: Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris
Grup D: pemenang play-off A, Belanda, Austria, Prancis
Grup E: Belgia, Slovakia, Romania, pemenang play-off B
Grup F: Turki, pemenang play-off C, Portugal, Ceko


Baca juga: Kroasia kunci satu tiket menuju Euro 2024 setelah tekuk Armenia 1-0
Baca juga: 20 negara dipastikan berlaga pada putaran final Euro 2024
Baca juga: Serbia menjadi negara ke-17 yang lolos ke putaran final Euro 2024
Baca juga: Portugal melaju sempurna di kualifikasi Euro 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023