Jakarta (ANTARA) - Penyanyi idola Kim Jong-dae atau dikenal sebagai Chen yang juga personel grup K-pop EXO mengaku sudah mempersiapkan dengan matang performanya sehingga bisa tampil total di hadapan para penggemar atau disapa EXO-L di Indonesia pada Sabtu (2/12) malam.

"Aku mempersiapkan sangat matang karena sudah lama tidak ke Indonesia jadi aku menunjukkan performa yang sangat total," tutur Chen.

Melalui acara bertema "Pre-Christmas K-Pop Concert", Chen membawakan sekitar enam lagu solo populer miliknya, termasuk "Everytime" yang menjadi lagu tema drama "Descendants of the Sun" dan "Best Luck".

Baca juga: Chen EXO siap buat kenangan indah bersama penggemar malam ini

Dia juga melantunkan lagu utama dalam mini album ketiganya, yang sama-sama berjudul "Last Scene" kemudian "I Don't Even Mind", "Shall we?" dari mini album kedua berjudul "Dear my dear" serta "Beautiful goodbye".

Para penggemar juga sesekali ikut bernyanyi bersama idolanya dan ini diapresiasi oleh Chen.

"Kalian bagus sekali saat bernyanyi. Kita harus menunggu sekian lama untuk bertemu, kita harus bernyanyi bersama-sama," kata dia.
Chen EXO saat tampil dalam acara "Pre-Christmas K-Pop Concert" di Jakarta pada Sabtu (2/12/2023) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
Chen EXO saat tampil dalam acara "Pre-Christmas K-Pop Concert" di Jakarta pada Sabtu (2/12/2023) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Baca juga: Chen EXO memulai hal baru lewat "Last Scene"

Tak hanya tampil unjuk kemampuan bernyanyi, Chen juga mengungkap pengalaman saat mempersiapkan mini album "Last Scene". Dia mengaku sempat merasa gugup karena sudah lama tak menyanyi.

"Last Scene" dirilis November 2022 menandai proyek individu pertama Chen sejak "Dear My Dear" yang diluncurkan pada Oktober 2019.

"Aku mempersiapkan album 'Last Scene' dalam kondisi (lama) tidak sebagai penyanyi, itu yang paling berkesan. Saat itu aku merasa gugup, saat akan mengeluarkan album baru. Tantanganya bagaimana aku bisa membawakan lagu dengan cara yang terbaik untuk EXO-L," ujar Chen.

Selain soal album, Chen juga mengungkap kebiasaanya saat Natal. Sebagai sosok dengan MBTI diawali I alias introvert, dia mengaku tidak akan pergi ke mana-mana saat Natal dan memilih berada di rumah.

Menjelang pamit pada penggemar, dia mengutarakan rasa terima kasihnya pada para EXO-L yang sudah datang dan bernyanyi bersamanya. Pada mereka, dia lalu berjanji akan kembali lagi.

"Rasanya sudah lama tidak ke Jakarta, terima kasih karena kalian sudah datang dan bernyanyi bersama. Terima kasih banyak. Ada janji untuk kalian, aku akan kembali ke Indonesia lagi," begitu janji dia.

Baca juga: Pesan MJ ASTRO jelang temu penggemar Indonesia 
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023