Kami mengembangkan konsep kemitraan dan kami menyediakan sistem serta teknologinya...
Jakarta (ANTARA) - J&T Cargo, perusahaan logistik spesialisasi barang besar di Indonesia, mendukung pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia setelah ditunjuk sebagai Official Logistic Partner pada Indonesia Building Technology (IBT) 2023.

"Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari Indonesia Building Technology Expo 2023. Acara ini memberi kami kesempatan untuk mendukung industri konstruksi yang terus berkembang di Indonesia. Kami akan menyediakan solusi logistik terbaik sehingga para peserta dapat fokus pada pertukaran pengetahuan dan peluang bisnis," kata CEO J&T Cargo Jonathan Zhong melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Adapun, gelaran IBT 2023 berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Rabu (29/11/2023) hingga Sabtu (2/12/2023).

Sebagai mitra logistik resmi di IBT 2023, J&T Cargo memberikan solusi dan jasa terbaik untuk manajemen dan pengiriman produk material dan bahan bangunan lainnya.

Sedangkan, Network Management Manager J&T Cargo M. Said Abdullah menuturkan potensi bisnis kargo di Indonesia masih sangat menjanjikan ke depannya. Apalagi, menurut dia, pembangunan infrastruktur jalan tol di Sumatera jika sudah selesai seluruh ruasnya hingga ke kota Medan maka bisnis kargo bisa berkembang jauh lebih pesat.

"Karena Sumatera sangat dikenal dengan hasil buminya seperti cengkeh, kopi, kayu manis, dan lain-lain," ujar Said.

Ia mengatakan dukungan infrastruktur seperti jalan tol berdampak signifikan bagi pengembangan bisnis kargo yang mengandalkan transportasi darat.

"Kami mengembangkan konsep kemitraan dan kami menyediakan sistem serta teknologinya sehingga komposisinya saat ini 97 persen adalah
mitra dan 3 persen yang kami kelola sendiri," ungkapnya.

Menurut dia, jika dibanding dengan jasa pengiriman reguler, bisnis kargo saat ini secara volume atau tonase pengiriman mencapai 4 kali lebih besar.

"Masih banyak jenis-jenis produk yang masih bisa dikembangkan lebih besar oleh bisnis kargo seperti frozen food," tuturnya.

Selain itu, kata dia, pertumbuhan tonase J&T Cargo year-on-year (yoy) mencapai sekitar 30 persen.

IBT 2023 merupakan salah satu perhelatan pameran terbesar yang fokus pada industri konstruksi dan bangunan di Indonesia. Pameran itu menarik ratusan peserta dan ribuan pengunjung yang terlibat dalam berbagai aspek industri konstruksi, termasuk produsen, distributor, kontraktor, arsitek, insinyur, homeowner, dan lainnya.

Pameran tersebut juga menjadi tempat ideal untuk berbagi pengetahuan, memamerkan produk inovatif serta membangun jaringan bisnis yang kuat.

Dengan jaringan yang luas dan komitmen untuk memberikan layanan terbaik, J&T Cargo mengharapkan dapat membantu memperlancar semua aspek logistik terkait acara, termasuk transportasi, penyimpanan, dan distribusi.

Baca juga: Airlangga: Transformasi digital penting untuk industri konstruksi
Baca juga: Kemenperin tingkatkan kerja sama sektor konstruksi di forum BCWG

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023