Jakarta (ANTARA) - Bandar Udara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) mempertahankan posisinya sebagai bandar udara (bandara) kargo tersibuk di dunia pada 2023 dalam hal total volume kargo, dan telah menduduki posisi teratas sebanyak 13 kali sejak 2010, berdasarkan data provisional yang dirilis oleh Dewan Bandara Internasional (Airports Council International/ACI) pada Senin (15/4).

Xinhua yang dikutip di Jakarta, Selasa, menyatakan, penghargaan tersebut membuktikan efisiensi yang sangat baik serta layanan angkutan kargo kelas dunia bandara tersebut, yang mendukung posisi teratasnya dalam lingkungan yang penuh tantangan, demikian disampaikan oleh Jack So, Kepala Otoritas Bandara Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK).

Angkutan kargo udara merupakan kekuatan pendorong penting yang mendukung pertumbuhan sektor logistik Hong Kong serta pembangunan ekonomi secara keseluruhan, tuturnya, seraya menambahkan bahwa AAHK akan terus melakukan upaya maksimal untuk bekerja sama dengan industri angkutan udara guna lebih meningkatkan daya saing Hong Kong sebagai pusat angkutan kargo global.

Untuk memastikan kapasitas yang memadai guna memenuhi kebutuhan jangka panjang, HKIA memperluas Sistem Tiga Landasan Pacu (Three-Runway System), yang akan meningkatkan kapasitas penumpang dan kargo di HKIA untuk menangani 120 juta penumpang dan 10 juta ton kargo setiap tahunnya. Sistem tersebut akan rampung pada 2024. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024