Boyolali (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Minggu, untuk menyerap aspirasi seniman setempat.

Puan Maharani mengatakan kehadiran dirinya di Boyolali untuk bertemu dengan para seniman dan seniwati, karena tanpa mereka maka hidup di Indonesia menjadi tidak berwarna.

Kunjungan itu juga untuk mendukung  para seniman dalam berkarya, termasuk pelestarian budaya di Indonesia.

"Apa yang saya ceritakan sedikit tentang pewayangan itu, suatu hal budaya yang perlu kita cermati untuk selalu diketahui di Jawa ini, banyak nama dan cerita pewayangan yang kemudian bisa menginspirasi kita dalam membangun bangsa dan negara," katanya.
 
Puan mengatakan melalui hasil karya para seniman membuat hidup menjadi lebih berwarna. Karya seniman bisa membuat manusia tersenyum, tertawa, sedih, menangis, marah, bahkan bahagia.  

Menurut dia, kadangkala suatu lagu diciptakan karena perasaan hati dari para seniman tersebut sedang sedih dan membuat yang mendengar juga ikut bersedih meski tidak tahu kesedihan apa yang sedang dialami oleh seniman atau pecinta lagu itu.

"Begitu juga untuk seni tari. Jika tariannya gerakan lambat dan lagunya melo maka para penonton bisa merasakan sedih. Begitu juga lukisan, juga akan merasakan seperti itu. Karena seni itu, sangat luas dan membuat orang yang melihat bisa terinspirasi dan kemudian mempersepsikan masing-masing," katanya.

"Hal ini membuat saya merasa bahwa seni yang ada di Indonesia merupakan pelestarian budaya memang harus selalu kita dukung dan para seniman harus didukung agar tetap bisa berkarya sehingga tetap mau membangun bangsa ini, dengan apa yang menjadi hasil karyanya," katanya.

Menurut dia, pihaknya selalu menghargai dan mendukung seniman dengan hasil karyanya.

Sementara itu, dia mengatakan pertama kali datang ke Kebun Raya Indrokilo Boyolali.

"Tidak heran disampaikan oleh Bupati Boyolali pada tanggal 17 Mei 2023 lalu bahwa kebun raya ini mendapatkan penghargaan dan ternyata kebun raya ini betul-betul asli serta banyak sekali tanaman keras dan obat-obatan yang ada, serta bahwa kebun raya suasananya seperti yang sudah pernah didatangi di seluruh Indonesia dan luar negeri. Sehingga, bisa mengayomi dan dingin untuk didatangi oleh masyarakatnya," katanya.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali pada hari libur bisa mendapatkan kunjungan sekitar 1.000  orang.
 
"Jadi lokasi ini, betul-betul suatu kebanggaan bagi Kabupaten Boyolali yang mempunyai Kebun Raya Indrokilo," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023