Ternate (ANTARA) - Ribuan masyarakat Maluku Utara (Malut) bersama tokoh agama dan masyarakat menghadiri aksi bela Palestina yang dipusatkan di Landmark Kota Ternate, Minggu, dan mendonasikan dana Rp1 miliar lebih.

Masyarakat yang berasal dari lintas agama dan organisasi ini memenuhi pusat Kota Ternate. Mereka menyuarakan pembebasan serta kemerdekaan bagi Palestina.

Dalam aksi yang dihadiri langsung oleh aktivis kemanusiaan di Palestina asal Galela, Malut, Abdillah Onim itu massa juga mendesak dihentikannya kejahatan kemanusiaan di Jalur Gaza.

"Ada amanah konstitusi, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, sehingga Palestina harus merasakan kemerdekaan dan hidup berdampingan di Jalur Gaza.  Dukungan masyarakat Malut melalui donasi pada hari ini membuktikan kecintaan masyarakat Malut atas Palestina," kata Abdillah Onim dalam orasinya.

Dia menyatakan, setelah di Ternate dirinya bersama keluarga akan kembali ke Palestina untuk menjadi relawan jika kondisinya mulai kondusif.

Menurut mantan kontributor salah satu televisi swasta ini, kejahatan zionis terhadap masyarakat Palestina adalah genosida terhadap etnis.

Baca juga: Dubes Palestina: Hukum Internasional solusi hentikan agresi Israel

Baca juga: Dubes Palestina sebut konflik Gaza murni penjajahan manusia


Untuk itu, umat Muslim termasuk di Malut benar-benar berkewajiban untuk memberi dukungan kepada warga Palestina.

Pada kesempatan itu, warga yang menghadiri aksi bela Palestina berhasil mengumpulkan donasi Rp1 miliar lebih untuk membantu perjuangan Palestina.

Aksi bela Palestina itu diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa bersama untuk kemerdekaan Palestina.

Koordinator aksi, Hasby Yusuf menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Malut yang bersama-sama menunjukkan kepedulian dengan memberikan sumbangan secara sukarela untuk masyarakat Palestina.

Dalam kesempatan itu juga hadir Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, Ketua MUI Ternate Usman Muhammad, Ketua ICMI Orwil Malut Kasman Hi Ahmad, anggota DPD-RI asal Malut Husain Alting Sjah dan sejumlah tokoh agama di Malut.

Baca juga: Ratusan relawan lintas agama aksi damai bela Palestina di Natuna

Baca juga: Bertemu di Dubai, Jokowi dan Sekjen PBB bahas situasi di Gaza

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023