Kemenhub menetapkan maksimal pengangkutan adalah dua orang dewasa dan seorang anak-anak.
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengajak pemudik sepeda motor dengan tujuan Solo dan Purwokerto pada lebaran 2013 diangkut secara gratis menggunakan kendaraan khusus.

Jumlah sepeda motor yang rencananya akan diangkut maksimal sebanyak 250 unit sepeda motor, masing-masing 150 unit motor tujuan Solo dan 100 unit motor tujuan Purwokerto, Jawa Tengah, dan pemudiknya menggunakan bus, demikian keterangan pers Kemenhub, Minggu.

Sepeda motor yang akan diangkut harus memenuhi persyaratan, antara lain tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas dan dibawa oleh pemilik motor/calon pemudik, harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), dan harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

Selain itu, ukuran roda dan ban standard atau sesuai dengan spesifikasi pabrik, tidak diperbolehkan ada box baik di samping kiri/kanan maupun di belakang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan kosong/kering, dan pada saat di tempat tujuan akan diberikan jatah bensin sebanyak 1 liter per motor.

Para pemudik dapat memberikan kunci sepeda motor kepada petugas ekspedisi/panitia pelaksana, memiliki STNK dan SIM yang sah dengan nama pemegang/pemilik yang sama, serta wajib membawa STNK, SIM, KTP asli beserta fotokopi masing-masing sebanyak dua lembar.

Adapun tempat pendaftaran di kantor Kementerian Perhubungan, Lobi Gedung Cipta Lantai Dasar, Jalan Merdeka Barat Nomor 8 Jakarta Pusat, pada hari kerja mulai Senin, 22 Juli 2013, sampai dengan Rabu, 31 Juli 2013 dimulai pada pukul 08.00 - 15.00 WIB. Pendaftaran sesuai jumlah kuota.

Bagi yang sudah mendaftar, Kemenhub mengharapkan agar mereka dapat menyerahkan sepeda motor tersebut kepada petugas untuk dimuat di atas truk pada Kamis, 1 Agustus 2013 di halaman kantor Perum PPD Cawang, Jakarta Timur, mulai pukul 13.00 WIB - 18.00 WIB.

Kemenhub mengatur pemberangkatan akan dilakukan pada Jumat, 2 Agustus 2013 pukul 15.00 WIB bertempat di halaman Kantor Pusat Perum PPD Depo E Klender Jl. Raya Bekasi, Klender-Jakarta Timur.

Tempat pengambilan sepeda motor yang diangkut ke Solo dan Purwokerto dapat diambil pada Minggu, 4 Agustus 2013 mulai pukul 08.00 WIB di kota masing-masing.

Di Solo, tempat pengambilan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta, sedangkan di Purwokerto, tempat pengambilan di Terminal Bus Purwokerto.

Bagi para pemudik yang sepeda motornya diangkut truk khusus, Kemenhub akan memberikan fasilitasi angkutan gratis menggunakan bus yang akan diberangkatkan pada Sabtu, 3 Agustus 201,  pada pukul 10.00 WIB di tempat keberangkatan di Kantor Pusat Perum PPD Depo E Klender, Jalan Raya Bekasi, Klender-Jakarta Timur.

Kemenhub menetapkan maksimal pengangkutan adalah dua orang dewasa dan seorang anak-anak setiap motor yang didaftarkan.
(Tz.M040)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013