Jakarta (ANTARA) - Kelompok relawan Sedulur Jokowi di Jakarta, Minggu, resmi mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Deklarasi dukungan itu disaksikan langsung oleh Gibran yang bertemu dengan para relawan dan pengurus Sedulur Jokowi di Jakarta.

“Musyawarah Nasional Sedulur Jokowi menjatuhkan pilihan berketetapan mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran. Berdasarkan rapat forum aklamasi, semuanya sepakat mendukung Prabowo-Gibran,” kata Sekretaris Jenderal Sedulur Jokowi, Bambang Syahputra kepada wartawan di lokasi acara deklarasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan selepas deklarasi itu Sedulur Jokowi siap membantu kampanye Prabowo-Gibran, terutama ke daerah-daerah yang tidak terjangkau dan dinilai lemah terutama dalam perolehan suara.

“Mulai besok (4/12), kami bergerak ke titik-titik lemah yang tidak tercapai, di mana relawan Jokowi bergerak terus sampai final, sampai kami menangkan (Prabowo-Gibran) satu putaran,” kata Bendahara Umum Sedulur Jokowi Dodi Iwakusumajaya dalam sesi jumpa pers yang sama.

Dia menyebut ada tiga daerah yang menjadi perhatian Sedulur Jokowi, yaitu Bali, Lombok (Nusa Tenggara Barat), dan Kupang (Nusa Tenggara Timur).

“Titik-titik lemah itu sudah kami pelajari sekarang sudah dua bulan ini. Kami bergerak, memang di Bali baru 22 persen, tetapi kami naikkan terus. Insya Allah dengan tim kami, relawan bergerak terus, saya yakin itu bisa merebut suara di Bali,” kata Dodi.

Walaupun demikian, Sekjen Sedulur Jokowi menyampaikan istilah merebut itu tidak memastikan suara-suara para pemilih di daerah tersebut menjadi milik Prabowo-Gibran, karena itu semua menunggu hasil pemungutan suara Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024.

“Yang jelas, suara itu masih di tangan rakyat. Jadi, tidak bisa dikatakan direbut dari pasangan calon (nomor urut) 1, 2, atau 3. Tetapi, bagaimana kami merebut simpati rakyat dan mendukung datang ke TPS sesuai yang kami harapkan,” kata Bambang Syahputra.
 
Sekretaris Jenderal Sedulur Jokowi Bambang Syahputra (tengah) dan Bendahara Umum Sedulur Jokowi Dodi Iwakusumajaya (kiri) memberi keterangan kepada wartawan selepas acara deklarasi Sedulur Jokowi mendukung Prabowo-Gibran di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (3/12/2023). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti.


Dia mengatakan Sedulur Jokowi punya pengalaman memenangkan Presiden RI Joko Widodo saat dia maju pilpres dua periode, kemudian sebelumnya saat Jokowi mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

“Itu pengalaman kami juga banyak, hampir di seluruh pulau besar selalu unggul. Misalnya, Jawa Timur, Sumatera, base-nya (pusat, red.) di Sumatera Utara. Itu terbesar kemarin-kemarin ini. Bali, tidak terendah juga. Cuma hari ini mungkin butuh keseriusan, full time dan kami membuat team work yang lebih ekstra untuk bisa masuk Bali, minimal merebut setengah suara,” kata Bambang.

Pertemuan dengan Sedulur Jokowi menjadi agenda keempat Gibran selama berkampanye di Jakarta pada hari keenam masa kampanye Pilpres 2024. Di acara itu, Gibran tidak menyampaikan sambutan kepada para relawan. Gibran, yang didampingi istrinya Selvi Ananda, hanya bertemu dengan para relawan dan menerima secara simbolis dokumen deklarasi dari Sedulur Jokowi.

Dia bertemu relawan selama kurang lebih 30 menit kemudian melanjutkan perjalanan ke Tanah Abang untuk blusukan bertemu warga di daerah Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta.

Di Jakarta, Gibran memulai aktivitasnya sebagai calon wakil presiden sejak Minggu pagi bertemu warga saat CFD (hari bebas kendaraan bermotor) di kawasan Thamrin. Gibran bersama istrinya membagikan susu sambil berjalan kaki dari Hotel Sari San Pacific menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI). Bagi-bagi susu dan makan siang gratis merupakan program unggulan yang dicanangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Kemudian, Gibran dan rombongan blusukan ke Pasar Rawasari di Cempaka Putih, Jakarta. Dia berkeliling pasar, kembali membagikan susu, dan berbelanja sayur serta buah-buahan. Usai bertemu dengan para pedagang Pasar Rawasari, Gibran lanjut santap siang Nasi Kapau di kawasan kuliner Nasi Kapau Kramat Raya, Senen, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres RI berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Pasangan Prabowo-Gibran mengaku memanfaatkan akhir pekan untuk berkampanye dan tetap bekerja seperti biasa pada hari/jam kerja, mengingat keduanya saat ini masih aktif sebagai pejabat publik, yaitu Prabowo sebagai menteri pertahanan RI dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Baca juga: Gibran tanggapi debat cawapres: Sama saja, tak untungkan siapa-siapa
Baca juga: Gibran: Vitamin C dan blusukan trik tetap bugar selama kampanye
Baca juga: Gibran blusukan ke Pasar Rawasari, lanjut makan nasi Kapau di Kramat

Pewarta: Genta Tenri Mawangi/Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023