para pengguna Commuter Line diberikan kemudahan dalam menggunakan transportasi publik khususnya Commuter Line
Solo (ANTARA) - PT Persero Kereta Api Indonesia (KAI) membangun kolaborasi dengan berbagai pihak demi memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

"KAI Group hari ini, tepatnya KAI Commuter melakukan kolaborasi dengan Bank Mandiri, sekaligus menggelar event di Mangkunegaran," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo usai penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dalam kolaborasi layanan aplikasi C-Access dan aplikasi Livin by Mandiri di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Ia mengatakan langkah kolaborasi ini menjadi bagian dari transformasi digital yang sedang gencar dilakukan oleh KAI Group.

"Inovasi dari kerja sama tersebut ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI Group, sekaligus sebagai wujud nyata sinergi BUMN guna memberikan nilai lebih kepada masyarakat pengguna transportasi kereta api," katanya.

Ia berharap makin banyak warga yang menggunakan transportasi massal kereta api untuk perjalanan komuter ataupun jarak jauh menyusul komitmen KAI Group yang berupaya terus memberikan layanan yang aman, nyaman, selamat dan tepat waktu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan kerja sama tersebut merupakan kolaborasi digital untuk meningkatkan layanan Commuter Line.

Baca juga: KAI Palembang catat 22.670 tiket KA masa libur Natal telah terjual

Baca juga: KAI uji coba akses baru pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta


"Dengan MoU ini para pengguna Commuter Line diberikan kemudahan dalam menggunakan transportasi publik khususnya Commuter Line," katanya.

Ia mengatakan C-Access merupakan super apps re-branding dari aplikasi KRL Access yang sebelumnya sudah digunakan oleh pengguna Commuter Line.

Meski demikian, pada aplikasi kali ini dilakukan pengembangan dan terdapat fitur-fitur baru, di antaranya pembelian tiket Commuter Line, top up saldo KMT, informasi lokasi stasiun terdekat, pembelian tiket kereta bandara, serta pelayanan PIN ibu hamil yang seluruhnya memiliki tampilan yang lebih menarik.

"Ke depan dikembangkan pula layanan QRIS sebagai aplikasi pembayaran, aplikasi ini juga sudah memiliki akses kemudahan dalam pemakaian oleh disabilitas," katanya.

Regional CEO VII/Jawa 2 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hendra Wahyudi mengatakan kolaborasi tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap industri transportasi di Indonesia.

"Harapannya kerja sama ini dapat memberikan layanan yang terintegrasi tidak hanya dalam sistem pembayaran tetapi juga lifestyle melalui sinergi antara super app C-Access dan Livin’ by Mandiri," katanya.

Komisaris PT KAI KGPAA Mangkunegara X mengatakan Pura Mangkunegaran dengan PT KAI memiliki hubungan yang erat.

"Sering saya katakan bahwa sejarah masa lalu bukan hanya kenangan, tapi modal dan aset untuk ke depan. Ini kita buktikan. Dulunya rel pertama saat itu di Indonesia direspons oleh Mangkunegara dengan membangun Stasiun Solo Balapan," katanya.

Di sisi lain, dikatakannya, inovasi berkembang sesuai zaman. Ia juga menilai kolaborasi tersebut untuk menjawab kebutuhan masa kini.

"Ini kolaborasi menyenangkan, sekaligus menjawab isu masa kini. Ini juga menjadi momentum menyenangkan, sekaligus menjadi pengenalan kepada masyarakat terkait Mangkunegaran dan logo Mangkunegaran. Setiap Mangkunegaran punya logo beda, melalui kartu ini kita kenalkan ke masyarakat sehingga mereka punya kenangan terhadap Mangkunegaran," katanya.

Sementara itu, sosialisasi aplikasi C-Access dan Livin by Mandiri dikemas dengan pergelaran Twilite Orchestra di bawah konduktor Addie MS dengan tema MANGKUNEGARAN Garden Orchestra di Pracima Tuin area Pura Mangkunegaran Surakarta.

Baca juga: KAI Tanjungkarang sediakan 42.120 tempat duduk pada Natal-Tahun Baru

Baca juga: Daop Madiun sebut ada lima KA tambahan untuk Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023