Ini merupakan wujud komitmen PGN untuk memperluas penyaluran gas bumi kepada industri dan mengurangi impor baja
Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, Subholding Gas PT Pertamina (Persero), mendukung daya saing industri baja nasional dengan memasok kebutuhan gas bumi PT Aneka Baja Perkasa Industri (ABA) di Tangerang, Banten, dengan volume sebesar 350 – 1.750 MMBTU.

Penandatanganan kontrak jual dan beli gas bumi berjangka waktu lima tahun dilakukan oleh PGN Area Head Tangerang Sales & Operation Region II (SOR II) Bambang Purwanto dan Edy Putra Lo, selaku Direktur ABA.

"Kami menyambut baik terlaksananya penyaluran gas untuk ABA ini, sehingga bisa langsung dapat digunakan sebagai sumber energi yang lebih murah, lebih ramah lingkungan, dan dapat diandalkan. Semoga PGN akan terus mendukung ABA," ujar Edy Putra Lo dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, produksi utama perusahaannya adalah baja berkualitas dengan variasi kawat baja sesuai kebutuhan pelanggan domestik dan luar negeri, sehingga diharapkan membantu mengatasi kebutuhan domestik dan mengurangi impor produk baja.

"PGN akan mendukung industri baja serta efisiensi biaya produksi dengan menyuplai gas ke ABA. Ini merupakan wujud komitmen PGN untuk memperluas penyaluran gas bumi kepada industri dan mengurangi impor baja serta memberikan multiplier effect bagi masyarakat dan perekonomian," sebut General Manager PGN SOR II Iwan Yuli Widyastanto.

Bambang Purwanto menambahkan dengan pabrik baru dan volume kebutuhan yang cukup besar, diharapkan ABA dapat menyerap gas bumi secara optimal dan bermanfaat untuk produksi.

"Industri lainnya dapat mengikuti menggunakan gas bumi untuk menopang produksi dan meningkatkan daya saing. Gas bumi yang relatif lebih murah dan ramah lingkungan memberi peluang bagi ABA menjadi green industry," lanjutnya.

Hasil produksi dari ABA tersebut dapat memenuhi permintaan baja pelanggan dalam negeri, yang cukup besar, sehingga dapat membantu menjaga neraca perdagangan Indonesia.

Dampak yang besar juga dalam memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia, sebutnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada ABA yang telah memberikan kepercayaan kepada PGN untuk menyuplai gas bumi untuk operasional. Hal ini menjadi booster bagi kami untuk meningkatkan performa dalam menjalankan bisnis utilisasi gas bumi untuk industri," ujar Bambang.

Penyaluran gas bumi ke ABA menambah portofolio PGN di wilayah Jawa bagian barat, yang dikelola oleh SOR II khususnya Area Tangerang.

PGN Area Tangerang mengelola jaringan pipa gas sepanjang 808 km. Jumlah pelanggan gas di Tangerang mencapai 47.102 pelanggan mulai dari rumah tangga, pelanggan kecil/ usaha kecil, dan komersial/industri.

Sepanjang 2023 ini, PGN Area Tangerang menyalurkan gas bumi sebesar 67,99 BBTUD.


Baca juga: Kemenperin tekankan harga gas murah tingkatkan daya saing industri
Baca juga: Pemerintah bangun industri pupuk di Papua karena dekat suplai gas
Baca juga: Kemenperin: HGBT tak berjalan baik turut pengaruhi kondisi industri

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023