... PT GMF AeroAsia telah memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk mendapatkan sertifikasi EASA 147... "
Jakarta (ANTARA News) - PT GMF AeroAsia kembali mendapatkan pengakuan dari otoritas penerbangan sipil Uni Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA), yang menyatakan GMF AeroAsia berhasil meraih sertifikat kelaikan Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) 147.

Dalam siaran pers GMF AeroAsia, Senin, disebutkan, kepastian GMF meraih pengakuan ini diperoleh setelah EASA mengirimkan keterangan tertulis secara resmi yang ditandatangani Wilfred Schulze selaku Kepala Departemen Organisasi EASA, pada 13 Juli 2013.

Keterangan tertulis ini sebagai pengukuhan atas hasil audit yang telah dilaksanakan EASA terhadap GMF AeroAsia pada 15-17 Mei 2013.

Schulze mengatakan, PT GMF AeroAsia telah memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk mendapatkan sertifikasi EASA 147. Dengan memiliki sertifikat ini, kualitas pelatihan sekaligus pengujian peserta pendidikan perawatan pesawat yang diselenggarakan oleh GMF diakui oleh EASA.

Pengakuan ini berlaku untuk pelatihan kategori B1 dan B2 baik teori maupun praktek untuk pesawat B737/600/700/800/900 yang menggunakan engine CFM56. "Pengakuan yang diberikan EASA sesuai dengan batasan yang telah ditentukan dalam sertifikasi ini," kata Schulze.

Vice President Learning Services and Corporate Culture GMF, Hermawan Syahrul, mengatakan, pengakuan EASA tidak hanya untuk organisasi pelatihan perawatan yang diselenggarakan GMF, tapi juga untuk hasil pengujian dan sertifikat pelatihan yang diterbitkan oleh GMF Learning Services.

Organisasi pelatihan perawatan ini diproyeksikan memenuhi kebutuhan internal GMF terhadap teknisi perawatan yang handal, trampil, dan memiliki kompetensi berskala global. 

Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan eksternal, baik industri penerbangan nasional maupun internasional yang membutuhkan layanan pendidikan teknisi perawatan pesawat.

Sertifikat approval AMTO 147 EASA ini adalah yang pertama bagi GMF setelah sebelumnya Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) menyetujui AMTO 147 bagi GMF.

Pewarta: Budi Suyanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013