Wenzhou, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Sebagai langkah untuk memperingati ulang tahun ke-10 Inisiatif Jalur Sutera (BRI) tahun ini, Konferensi Pertukaran Walikota 2023 tentang Pengaruh Kota di Jalur Sutera Maritim akan diselenggarakan mulai 24-25 November di kota pantai Wenzhou di Provinsi Zhejiang, China bagian timur.

Melalui pertukaran dan interaksi antara pejabat pemerintah kota Jalur Sutera Maritim, para ahli, dan sarjana dari 13 negara asing, konferensi ini bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran saling-menyaling dan kerjasama saling menguntungkan di wilayah tersebut, menurut Komite Eksekutif.

Terdiri dari sesi utama, lima sesi paralel, dan beberapa kegiatan khusus, acara ini akan melihat peluncuran "Indeks Kota Bintang Jalur Sutera Maritim" dan daftar "Top 10 Kota Pengaruh Jalur Sutera Maritim 2023," serta branding kota dan studi kasus oleh pejabat pemerintah kota Jalur Sutera Maritim.

Sebagai kegiatan utama dari konferensi, Indeks Kota Bintang Jalur Sutera Maritim akan diluncurkan untuk memberikan evaluasi ilmiah dan tampilan komprehensif terhadap keragaman kota-kota di sepanjang rute perdagangan.

Sistem indeks ini terdiri dari 20 indikator yang menilai konektivitas global, jaringan perdagangan, warisan budaya, dan pertukaran internasional kota.

Pejabat pemerintah kota dari kota-kota Jalur Sutera Maritim terkenal seperti Wenzhou, China; Male, Maladewa; Castellamonte, Italia; dan Barcelona, Spanyol akan menghadiri konferensi untuk menampilkan pesona kota mereka dan berbagi praktik unik kota mereka. Sebuah inisiatif untuk mempromosikan pengembangan inovatif dalam kerjasama kota Jalur Sutera Maritim akan dirilis selama konferensi.

Sebagai pusat penting di sepanjang Jalur Sutera Maritim, Wenzhou adalah salah satu dari 14 kota pesisir pertama di China yang membuka diri ke dunia luar. Situs Pelabuhan Kuno Shuomen di Wenzhou terpilih sebagai salah satu dari sepuluh penemuan arkeologi nasional terbaik pada tahun 2022, menunjukkan kemakmuran dan kelangsungan rute perdagangan kuno di laut.

Pada saat yang sama, perdagangan Wenzhou dengan negara-negara BRI meningkat dari 53,33 miliar yuan pada tahun 2013 menjadi 147,05 miliar yuan pada tahun 2022.

"Dalam dekade terakhir, semangat Jalur Sutera untuk perdamaian dan kerjasama, keterbukaan dan inklusivitas, pembelajaran saling-menyaling dan saling menguntungkan, telah diterjemahkan menjadi kenyataan, dengan semakin banyak kisah tentang kemakmuran bersama berkat praktik BRI di laut," kata Chen Yingxu, wakil walikota Wenzhou. "Sebagai anggota Jalur Sutera Maritim, kita adalah komunitas yang berbagi suka dan duka," ujar Chen.



Sumber: Komite Eksekutif Wenzhou Pertukaran Walikota 2023 tentang Pengaruh Kota di Jalur Sutera Maritim



Terjemahan:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023