Banda Aceh (ANTARA) - Komjen Pol (Purn) Budi Waseso alias Buwas kembali memimpin Kwartir Nasional Gerakan Pramuka periode 2023-2028, terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke 11 di Balai Meuseuraya Aceh.

"Dari hasil proses Munas selama 4 hari dilaksanakan di Aceh, secara aklamasi saya terpilih untuk menjadi Ketua Kwarnas masa bakti 2023-2028," kata Budi Waseso dalam konferensi pers usai pemilihan, di Banda Aceh, Senin.

Buwas menyampaikan, dalam musyawarah tersebut awal terdapat lima orang calon, tetapi berdasarkan hasil rapat peserta Mukernas dalam hal ini Komisi D, dan akhirnya diputuskan ia menjadi calon tunggal.

"Maka, itu proses dari teman-teman yang masuk dalam Komisi D, yaitu di seleksi. Dari hasilnya, akhirnya saya secara aklamasi terpilih menjadi calon tunggal," ujarnya.

Baca juga: Budi Waseso minta pramuka terbebas dari kepentingan politik

Baca juga: Menpora harap pramuka dapat menjadi sahabat generasi Z


Buwas juga menegaskan bahwa proses musyawarah di Tanah Rencong ini sudah berjalan secara demokrasi, sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Jadi di sini betul-betul demokrasi di Pramuka, musyawarah adalah berpendapat mufakat, jadi biasa di pramuka tidak ada masalah," katanya.

Setelah ditetapkan, Buwas menyatakan dirinya akan bekerja sesuai dengan visi-misi yang telah dibacakan di hadapan peserta Mukernas.

Namun, untuk langkah pertama adalah mengevaluasi kinerja lima tahun yang lalu terkait terkendala atau hambatan yang nantinya bakal lebih disempurnakan lagi.

"Tentunya, ke depan kita sempurnakan lagi, perbaiki lagi dari hal-hal yang memang masih kurang. Tadi juga diputus beberapa kegiatan untuk lima tahun ke depan secara nasional," ujarnya.

Ke depan, kata Buwas, Pramuka terus menyiapkan generasi muda Indonesia yang memiliki karakter dan integritas negara. Maka, nantinya harus diisi oleh pemuda yang mempunyai karakter serta integritas.

"Ini tanggung jawab saya dalam Mukernas, telah diputuskan dan tinggal saya jalankan, tetapi yang penting adalah kita harus komitmen putusan dari Mukernas ini," demikian Budi Waseso.*

Baca juga: Pemprov Kalsel libatkan 200 anggota Pramuka siaga bencana di daerah

Baca juga: TNI AL ajak 381 anggota Pramuka lakukan pelayaran lingkar Nusantara

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023