Kami telah memberangkatkan 10 personel Basarnas Pekanbaru pada Senin ini untuk membantu proses evakuasi pendaki Gunung Marapi
Pekanbaru (ANTARA) - Basarnas Pekanbaru dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengirimkan sejumlah personel untuk mengevakuasi para pendaki Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar), terkait pendaki asal Riau yang belum turun hingga kini, pasca-erupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12).

"Kami telah memberangkatkan 10 personel Basarnas Pekanbaru pada Senin ini untuk membantu proses evakuasi pendaki Gunung Marapi," kata Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Jika sudah tiba di lokasi, lanjutnya, tim akan langsung berkoordinasi dengan unsur terkait di lapangan dengan harapan proses evakuasi berjalan lancar dan para korban dapat segera ditemukan.

Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal juga mengatakan pihaknya ikut mengirimkan empat orang personel untuk membantu proses evakuasi.

Baca juga: SAR Kota Padang: 12 pendaki Gunung Marapi belum ditemukan

"Kami kirim empat personel karena hingga saat ini masih ada pendaki asal Riau yang belum turun," katanya.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Riau Rozita mengatakan dari 75 pendaki Gunung Marapi, ada 29 orang yang berasal dari Riau. Sebagian dari mereka sudah turun, dan sisanya 6 orang lagi belum turun.

"Tadi kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Sumatera Barat, masih ada enam pendaki asal Riau yang belum turun," ujar Rozita.

Petugas pemantau Gunung Merapi Ahmad Rifandi mengatakan erupsi terjadi pada Minggu (3/12) pukul 14.54 WIB dan menyemburkan abu vulkanik sekitar 3.000 meter.

Baca juga: PVMBG catat Gunung Marapi di Sumbar erupsi sembilan kali

"Tinggi kolom letusan teramati sekitar 3.000 meter di atas puncak atau sekitar 5.891 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur," katanya.

Dia mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi, pengunjung, atau wisatawan, tidak mendaki Gunung Marapi pada radius tiga kilometer dari kawah/puncak.

Gunung Marapi merupakan salah satu gunung aktif di Sumatera Barat. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dengan ketinggian 2.891 mdpl. 

Baca juga: Polda Sumbar dirikan Posko DVI untuk identifikasi korban erupsi Marapi

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023