Tangerang (ANTARA) - Siloam Hospitals mengembangkan layanan terapi stem cell atau sel punca di bidang orthopedi pada tahun 2024 karena merupakan terobosan yang berpotensi menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti penyakit kronis, degeneratif dan autoimun.

“Saat ini kami sedang menyiapkan prosesnya, tahun depan kita optimalkan layanan stem cell yang akan dipimpin oleh Prof Ismail Hadi Sp.OT (K) yang juga merupakan ketua perhimpunan Orthopedi dan Traumatologi,” kata Direktur Rumah Sakit Siloam (Siloam Hospitals) Mampang dr Wahyuni Dian Purwati di Tangerang, Senin.

Terapi stem cell atau sel punca adalah salah satu pengobatan melalui stem cell. Sel induk yang mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri dan berubah menjadi berbagai jenis sel. Sel punca adalah satu-satunya sel dalam darah yang mampu meregenerasi tipe sel baru.

Sementara itu Siloam Hospitals Mampang telah melakukan operasi pergantian tulang panggul atau hip replacement pada seorang lanjut usia (lansia) berusia 96 tahun bernama Lydia pada Mei 2023 karena alami trauma tulang akibat terjatuh.

Dokter Gerald Wonggokusuma yang merupakan dokter spesialis bedah tulang mengatakan proses bedah dilakukan sekitar satu jam dengan melibatkan empat orang dokter.

“Adapun pada teknis operasi pergantian tulang panggul, dilakukan insisi pada bagian bokong, kemudian patahan pada bagian panggul dibersihkan dan diganti dengan implant yang sesuai dengan struktur anatomi pasien,” kata dia dalam keterangan tambahan.

Pada November 2023, Lydia mengaku sudah bisa berjalan tanpa tongkat meski perlahan. "Sudah bisa jalan meski perlahan dan senang punya tulang panggul baru," ujarnya.

Sendi panggul adalah bagian penting dalam sistem gerak manusia yang berfungsi untuk menggerakkan sekaligus melindungi organ panggul, dan tempat melekatnya otot.

Apabila sendi panggul mengalami masalah atau kerusakan, maka sejumlah fungsi tersebut akan terganggu. Ketika sendi panggul rusak, Total hip replacement adalah salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Terapi sel punca bisa kurangi nyeri tulang belakang hampir 100 persen

Baca juga: Mengenal tren mengencangkan organ kewanitaan dengan suntik "stem cell"

Baca juga: Siloam Hospitals raih laba Rp457 miliar hingga kuartal III 2022

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023