Jambi (ANTARA) - Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi, berhasil melakukan percepatan penanganan stunting sehingga meraih penghargaan Platinum Award dalam ajang Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) VII-2023.

“Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI ini diberikan untuk kategori inovasi Percepatan Penanganan Stunting,” kata Bupati Tanjungjabung Barat Anwar Sadat, di Jambi, Selasa.

Kementerian Kesehatan juga mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan oleh daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan memberikan solusi terhadap berbagai tantangan kesehatan yang semakin kompleks seiring dengan jalannya waktu.

Baca juga: Angka kasus stunting Jambi di bawah angka nasional

"Kesehatan merupakan aspek penting dalam pembangunan bangsa dan perlu diwujudkan melalui kerjasama antara pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat," katanya.

Anwar Sadat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam program inovasi kesehatan di Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Karya inovasi yang berhasil meraih penghargaan ini merupakan hasil dari kolaborasi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dunia usaha, dan masyarakat dalam menangani masalah stunting di Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Baca juga: Sungaipenuh dan Merangin Jambi kolaborasi tanggulangi stunting

"Mudah-mudahan apresiasi ini memberikan semangat bagi kita semua dalam rangka pengentasan stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," kata Anwar Sadat.

Bupati berharap program inovasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan mengajak semua pihak untuk terus berkomitmen dan bekerja keras dalam meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya anak-anak.

"Sehingga pada tahun-tahun berikutnya kita bisa kembali meraih anugerah dan penghargaan yang lebih baik," kata Anwar Sadat.

Baca juga: Wabup Merangin: Penanganan stunting harus dilakukan bersama

Program inovasi percepatan penanganan stunting itu meliputi identifikasi, intervensi dan pemantauan terhadap anak-anak yang mengalami stunting, dan pemberian antropometri set, yaitu alat ukur tinggi badan, berat badan, dan lingkar lengan atas kepada fasilitas kesehatan dan posyandu di wilayah Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023