... tim Indonesia bisa belajar cukup banyak dari Universiade Kazan 2013... "
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun, mengatakan, pada hari kedua Universiade (7/7), Indonesia berhasil memperoleh satu medali perak dari cabang angkat besi kelas 56 kg oleh Surahmat Suwito.

"Mahasiswa Universitas Abulyatama Banda Aceh ini kembali mengulang prestasinya di Universiade Shenzhen 2011," ujar Oratmangun dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, medali perak Suwito didapat dengan total angkatan seberat 250 kg, beda 16 kg dari peraih emas asal China. Medali perunggu kelas 56 kg diraih oleh atlet Moldova dengan total angkatan 246 kg.

"Meskipun belum berhasil mendapatkan banyak medali, tapi tim Indonesia bisa belajar cukup banyak dari Universiade Kazan 2013," ujar dia.

Khususnya, ia mengatakan, bagaimana Pemerintah Rusia mempersiapkan semua fasilitas dan tentu saja mempersiapkan seluruh atletnya secara sungguh-sungguh sehingga memborong hampir semua medali di seluruh cabang olahraga. "Rusia memang tidak pernah main-main dalam hal ini," kata dia.

Ia mengungkapkan Kazan benar-benar bersolek bak gadis remaja yang sedang mekar. Berbagai fasilitas baru dibangun khusus, antara lain pembangunan Universiade Park sebagai pusat kegiatan-kegiatan budaya yang menjadi gelaran tambahan Universiade Kazan 2013.

Ia melanjutkan Pemerintah Rusia melalui pemerintah Republik Tatarstan mempersiapkan semua fasilitas pertandingan dan fasilitas pendukung dengan sangat baik.

Pertandingan dan latihan untuk atlet menggunakan 64 gedung olahraga di Kazan, 30 diantaranya dibangun khusus untuk menjadi venue berbagai pertandingan olahraga Universiade 2013 yang mempertandingkan 27 cabang olahraga.

Selain itu, menurut dia, yang juga menjadi kebanggaan Rusia adalah pembangunan Universiade Village yang terdiri dari 28 unit tempat tinggal dan merupakan asrama mahasiswa termodern di Rusia.

"Tapi dari semua fasilitas yang dibangun itu, yang menjadi mutiaranya adalah stadion sepakbola Kazan Arena yang menjadi tempat berlangsungnya upacara pembukaan dan penutupan Universiade Kazan 2013. Di stadion Kazan Arena ini juga api abadi Universiade dinyalakan sepanjang berlangsungnya Universiade Kazan 2013," kata dia.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013