... dua bulan terakhir, terjadi beberapa kali gempa tektonik di Tanah Air... "
Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan terjadi gempa bumi berkekuatan 5,0 skala Richter di 140 km tenggara Tulungagung Jawa Timur, Senin, 22.00 WIB.

Episentrum gempa pada koordinat sembilan derajat 39 menit Lintang Selatan dan 112 derajat 00 menit Bujur Timur, dengan kedalaman 17 kilometer.

Dalam dua bulan terakhir, terjadi beberapa kali gempa tektonik di Tanah Air. Yang terbesar terjadi di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, berkekuatan 6,2 skala Richter, pada Selasa lalu (2/7).

33 orang warga Aceh Tengah dan sembilan di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, meninggal dunia, dan enam masih dinyatakan hilang, serta ratusan lainnya luka-luka, ditambah lebih dari 50.000 pengungsi

Gempa tektonik berkekuatan 5,2 skala Richter juga mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, Rabu dinihari, pukul 01.15 WIT tidak menimbulkan kerusakan.

Selain itu, gempa bumi berkekuatan 5,9 pada skala Richter yang berpusat di 112 kilometer tenggara Kota Malang, Jawa Timur, Senin pagi lalu, juga dirasakan warga Kota Denpasar.

(B014)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013