Palembang (ANTARA News) - Transaksi penukaran uang pecahan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah VII Palembang rata-rata mencapai Rp3 miliar per hari sejak pelayanan dibuka resmi pada 9 Juli 2013.

"Hari pertama saja sudah mencatat sebanyak Rp3,2 miliar dan hingga satu sepekan masih berada pada kisaran Rp3 miliar (per hari)," kata Asisten Direktur Bidang Sistem Pembayaran BI Kantor Perwakilan Wilayah VII, Dadan M Sadrah, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, BI Wilayah Palembang menyediakan Rp4,2 triliun uang pecahan baru untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2013 di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

"Tahun ini terdapat 42 kantor perbankan yang akan turut melayani penukaran uang. Jumlah ini jauh meningkat mengingat tahun sebelumnya hanya 14 kantor bank saja," katanya.

Ia menjelaskan, BI sudah memprediksi peningkatan kebutuhan uang di Sumatera Selatan Ramadhan tahun ini sampai 16 persen dibandingkan dengan tahun lalu karenanya menyediakan lebih banyak uang dari tahun 2012 yang hanya Rp3,2 triliun.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013