"Kami mendapatkan data pemilih muda cukup mengenal simbol-simbol gimik yang bukan substansi untuk visi misi para calon,"
Surabaya (ANTARA) - Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suko Widodo menyoroti kemunculan gimik politik untuk merebut simpati dan hati para calon pemilih pemula dan pemilih muda pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Suko saat sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2024 di FISIP Unair, Selasa mengatakan para pemilih pemula dan pemilih muda saat ini sudah cukup mengenal simbol-simbol gimik seperti selepet, gemoy, dan salam Hunger Games untuk mendapatkan dukungan, namun tak sedikit juga yang belum paham.
 
"Kami mendapatkan data pemilih muda cukup mengenal simbol-simbol gimik yang bukan substansi untuk visi misi para calon," ujar Suko.
 
Suko juga mendapati pemilih muda yang gelisah dengan politik uang. Anak muda saat ini dianggap dengan mudah menerima hal tersebut untuk memberikan dukungannya.
 
"Anak muda saat ini dianggap permisif, mau menerima dengan mudah politik uang. Dalam sosialisasi ini kami menguatkannya dengan literasi pemilih cerdas agar mereka tidak terpengaruh," katanya.
 
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang Rochani menyebut daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 didominasi pemilih pemula dan pemilih muda.
 
Berdasarkan data dari KPU Jatim, jumlah pemilh pemula dan pemilih muda didominasi pada kelompok usia 17-40 tahun dengan total sebesar 60 persen.
 
"Trennya di semua daerah seperti itu, di kabupaten/kota, sedangkan nasional 52 persen," kata Rochani.
 
Menurut dia, kesadaran untuk berpartisipasi di pemilu tidak hanya hadir di TPS saja, tetapi mengambil peran strategis dengan bergabung menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
 
"Kami telah membuka seleksi terbuka anggota KPPS 11 Desember 2023. Kami berharap komposisi KPPS selain diisi tokoh masyarakat, ada teman-teman pelajar dan mahasiswa," ucapnya.
 
Salah satu mahasiswa FISIP Unair Elsani Putri mengaku tertarik menjadi anggota KPPS termotivasi dari orang tuanya. Selain itu, sebagai pemilih pemula dan generasi muda punya peluang besar untuk negara.
 
"Orang tua menjadi anggota KPPS, saya ikut termotivasi dan mendaftar. Kebetulan baru pertama memilih juga," kata dia.
 
Elsani mengajak para generasi muda mencalonkan sebagai KPPS. Dia beranggapan bahwa generasi muda punya peluang besar untuk negara.
 
"Sebagai agen perubahan, pemimpin masa depan berawal dari pemuda. Kuliah, organisasi, dan kegiatan untuk negara tidak mengganggu proses kita menjadi generasi yang maju," katanya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023