Kami bersama Kadin mengadakan IIICE 2013 yang diadakan bersamaan dengan pameran Teknologi Konstruksi Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah bersama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengadakan Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) 2013 untuk menarik calon-calon investor, khususnya untuk sektor infrastruktur.

"Kami bersama Kadin mengadakan IIICE 2013 yang diadakan bersamaan dengan pameran Teknologi Konstruksi Indonesia. Pada kesempatan itu, proyek-proyek prioritas yang dijadwalkan segera diimplementasikan akan dipamerkan kepada calon investor dan komunitas konstruksi yang ingin mendapat bisnis dan proyek baru," kata Deputi Perencanaan Infrastruktur dan Regional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Luky Eko Wuryanto di Jakarta, Selasa.

Dia menyampaikan tema yang akan diusung pada acara konferensi dan pameran internasional itu adalah "MP3EI: Membangun Industri dan Kemitraan yang dapat Menyediakan Infrastruktur Indonesia".

Luky juga mengatakan ajang tersebut akan didukung oleh beberapa acara, antara lain "Regional Government Conference (GRC) on Sustainable and Inclusive Infrastructure Development", pameran teknologi bandar udara "Green Airports Indonesia", pameran teknologi telekomunikasi dan media, "Connect Indonesia`13", dan "Meaningful Broadband Indonesia Congres`13".

"IIICE merupakan pameran terbesar di Indonesia yang mempromosikan agenda MP3EI (Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Menggabungkan IIICE dan Konstruksi Indonesia akan memberi lingkup lebih luas untuk para peserta dan memberi manfaat besar bagi pelaksanaan MP3EI," katanya.

Menurut Luky, 56 proyek yang penting bagi perencanaan MP3EI akan diperkenalkan di IIICE pada November mendatang, dimana setengah dari proyek-proyek tersebut akan ditampilkan guna mengumpulkan tanggapan untuk peninjauan ulang.

"Setengah sisanya akan dibawa ke pasar `sounding`, disiapkan untuk tender, dan dijadwalkan untuk implementasi pada 2014 hingga 2017," katanya.

Sementara itu, Wakil Bidang Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedy S. Priyatna menyatakan bahwa saat ini ada 12 proyek yang dikembangkan di bawah skema PPP (Public-Private

Partnerships,red) dan empat proyek lainnya akan siap untuk ditenderkan pada 2013 ini pada acara IIICE.

"Para peserta IIICE 2013 akan memiliki akses informasi mengenai proyek prioritas yang ditampilkan bersama Paviliun Proyek Bappenas di IIICE," kata Dedy.
(Y012/A035)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013