Kapuas Hulu (ANTARA) - Batalyon Raider Khusus 644 Walet Sakti menyiagakan 100 personel dan tiga truk fuso untuk membantu evakuasi warga yang terdampak banjir di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Ada 100 personel yang siap bergerak membantu masyarakat yang terdampak banjir. Kami juga menyiapkan aula apabila sewaktu-waktu dijadikan tempat pengungsian," kata Komandan Batalyon Raider Khusus 644 Walet Sakti Putussibau Letkol Inf Benu Supriantoko di Putussibau, Rabu.

Untuk diketahui, banjir yang melanda Kabupaten Kapuas Hulu saat ini cukup besar, hampir setiap kecamatan terendam banjir, belum diketahui pasti jumlah warga terdampak banjir, termasuk jumlah rumah penduduk yang terendam.

Baca juga: BPBD Kapuas Hulu: Waspadai banjir besar

Namun, banjir besar yang terjadi pada Selasa (5/12) sore sampai saat ini masih mengepung sejumlah kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu.

Benu mengatakan banjir sudah menggenangi sejumlah titik di Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga menyulitkan masyarakat untuk mengakses jalan keluar.

Oleh karena itu, disiapkan tiga truk fuso yang bisa melintasi genangan air di saat sejumlah akses jalan terputus akibat banjir. Truk fuso bisa digerakkan untuk mobilisasi dalam membantu masyarakat terdampak banjir.

Menurut dia, prajurit Raider Khusus 644 Walet Sakti disiagakan untuk membantu masyarakat yang memerlukan bantuan evakuasi. Saat ini juga disiapkan tempat pengungsian apabila ada masyarakat yang membutuhkan tempat pengungsian akibat tempat tinggalnya terendam banjir.

"Prajurit yang disiagakan itu sewaktu-waktu bisa digerakkan membantu masyarakat dan bagi yang membutuhkan pengungsian kami sudah menyiapkan, kebetulan di Markas Batalyon kami berada di dataran cukup tinggi," katanya.

Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu Kalbar meluas warga diminta siaga dan waspada

Baca juga: BNPB: Banjir rendam 376 rumah warga Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar


Ia mengatakan pihaknya terus berupaya hadir untuk membantu dan meringankan beban masyarakat, terutama dalam situasi bencana seperti ini.

Sementara itu, hal yang sama juga dilakukan oleh Kodim 1206 Putussibau yang menyiapkan posko bencana banjir dan menyiapkan sejumlah personel untuk disiagakan yang sewaktu-waktu bisa digerakkan untuk membantu masyarakat.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023