Parade band pelajar se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dipastikan diikuti 100 grup band pelajar. Kami menggelar kegiatan ini bertujuan untuk menemani pengunjung yang ingin berbuka puasa di Gembira Loka Zoo (GLZoo),"
Yogyakarta (ANTARA News) - Gembira Loka Zoo Yogyakarta, selama Ramadhan tahun ini menggelar parade band pelajar tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai Sabtu (13/7) hingga Minggu (4/8).

"Parade band pelajar se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dipastikan diikuti 100 grup band pelajar. Kami menggelar kegiatan ini bertujuan untuk menemani pengunjung yang ingin berbuka puasa di Gembira Loka Zoo (GLZoo)," kata Kabag Pemasaran GLZoo, Lucia Anna Novitasari di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, sudah dua tahun terakhir ini GLZoo setiap Ramadhan mengadakan event ngabuburit ceria, dengan menyuguhkan band lokal. Kegiatan Ramadhan tahun ini mengusung tema Gita Loka, artinya tempat untuk bernyanyi atau bermusik.

"Bagi grup band pelajar yang menjadi pemenang parade nantinya diberi kesempatan tampil pada saat Hari Raya Idul Fitri di Panggung Mayang Tirta kompleks GLZoo Yogyakarta,"katanya.

Konsep kompetisi dalam parade band pelajar ini, kata dia dimasudkan untuk mewadahi sekaligus sebagai apresiasi kepada pemusik, terutama pelajar DIY. Dalam event ini kompetisi dibagi menjadi tiga kategori.

Kategori A untuk anak usia SD, kategori B bagi usia SMP/SMA, dan kategori C diperuntukkan SMA/mahasiswa. Sedangkan kompetisi untuk solo drum anak (usia SD/SMP). Kompetisi untuk solo vocal anak (usia SD/SMP). Kemudian parade grub band, drum, vocal (usia SD dan umum).

"Kompetisi band pelajar itu memperebutkan hadiah total Rp 6 juta dan dilaksanakan di pentas Mayang Tirta, pada tiap Sabtu dan Minggu, mulai 13 Juli hingga 4 Agustus 2013. Saat berbuka puasa tiba maka pihak manajemen GLZoo membagikan makanan takjil bagi penonton," katanya.

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013