Semua jenis angkutan pelayaran relatif aman melintasi perairan Selat Sunda bagian utara tersebut
Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman untuk pelayaran, karena tinggi gelombang antara 0,50 sampai 1,25 meter pada Rabu (6/12) sampai Kamis (7/12).
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, dalam keterangan di Serang, Rabu, mengatakan kondisi perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman untuk pelayaran, termasuk penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakauheni.
 
Dengan tinggi gelombang 0,5 - 1,25 meter,  kata dia, kapal yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara aman, baik untuk  perahu nelayan, kapal feri,  kapal tongkang, kapal kargo, dan kapal pesiar.

Baca juga: BMKG : Gelombang perairan selatan Banten capai empat meter
 
"Semua jenis angkutan pelayaran relatif aman melintasi perairan Selat Sunda bagian utara tersebut," katanya.
 
Sementara untuk perairan selatan Banten dan Samudera Hindia, kata dia,  beberapa kapal yang melintasi harus waspada, karena tinggi gelombang di selatan Banten berkisar antara 1,25 sampai 2,50 meter. Sedangkan di perairan Samudera Hindia bagian selatan, tinggi gelombang antara 2,50 meter sampai 4,00 meter.
 
Kondisi demikian, kata dia, tentu berisiko tinggi terhadap keselamatan perahu nelayan, kapal feri, dan kapal tongkang.
 
"Kami berharap pelaku pelayaran di perairan selatan Banten dan Samudera Hindia tetap waspada untuk menghindari kecelakaan laut," ujarnya.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi 2,5 meter di perairan selatan Banten

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023