Jakarta (ANTARA) - Juru kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro, menyatakan pasangan nomor urut 3 itu berkomitmen mendorong supremasi hukum dan HAM di Indonesia.

"Prinsipnya, Ganjar dan Mahfud percaya bahwa semangat supremasi hukum, hasil akhir adalah penguatan supremasi sipil," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan Aryo, terkait agenda debat perdana pasangan capres-cawapres bakal digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember 2023. Tema yang disepakati ialah hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, antikorupsi, dan penguatan demokrasi.

Dia pun optimistis pasangan Ganjar-Mahfud bakal tampil memukau di debat perdana Pilpres 2024. Menurut dia, tema debat perdana merupakan "makanan sehari-hari" Ganjar-Mahfud.

Semangat menguatkan supremasi hukum dan sipil, kata Seno, bakal jadi materi utama Ganjar-Mahfud dalam debat tersebut.

"Dalam perspektif tersebut, penegakan HAM adalah bagian integral dari upaya paling dasar melaksanakannya," jelasnya.

Lanjut dia, Ganjar-Mahfud bakal menekankan pentingnya penguatan demokrasi dalam aspek kebebasan pers, kebebasan berpendapat, serta perlindungan terhadap hak-hak sipil.

Tak kalah penting, paslon nomor urut 3 itu juga bakal menguatkan sistem perlindungan bagi pelapor kasus hukum.

"Termasuk yang menyangkut penyalahgunaan kekuasaan," ujarnya.

Sebelumnya, situasi HAM di Indonesia sempat disinggung Ganjar saat jadi pembicara dalam dialog terbuka bertajuk "Muhammadiyah Bersama Capres-Cawapres" di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan, Kamis (23/11) lalu. Ganjar menyebut rapor kinerja pemerintah dalam menegakkan HAM masih merah.

"Skornya 6,2 dari 10. Kita perlu memperkuat lembaga HAM. Yang ini (soal HAM) Pak Mahfud nanti bercerita jauh lebih banyak lagi karena mengalami, melihat, merasakan, bertindak," kata Ganjar.

Di bidang HAM, Ganjar sendiri tergolong punya rekam jejak yang mumpuni. Saat jadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar rutin menerima penghargaan di bidang HAM. Pada 2022, misalnya, Kemenkum HAM menganugerahkan gelar kota/kabupaten peduli HAM untuk 35 kabupaten dan kota di Jateng.

Ganjar juga piawai dalam merawat toleransi antarumat beragama di provinsi yang ia pimpin. Kota-kota di Jateng rutin masuk ke dalam jajaran kota paling toleran di Indonesia versi Setara Institute, semisal Kota Salatiga, Surakarta, Semarang, dan Magelang.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Anak muda Balikpapan: Ganjar pemimpin yang peduli milenial-Gen Z
Baca juga: Ganjar Pranowo serahkan kepada pemerintah atur RUU DKJ

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023