Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura di Jalan Monumen Timur, Tenggarong, Kalimantan Timur, Rabu dan diajak menari Kanjar Ganjur.

Ganjar tiba di lokasi sekitar pukul 12.10 WITA dengan menumpangi mobil berkelir hitam dan didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim Irjen (Purn) Safaruddin. Kemudian, Ganjar memasuki ruang penyambutan dan diterima oleh Sultan Kutai Kartanegara Aji Muhammad Arifin.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu bersama Sultan Aji duduk di bangku kehormatan. Lalu, para seniman dari Kutai Kartanegara memasuki ruangan untuk menampilkan tarian Topeng.

Selesai Tarian Topeng, para seniman lainnya mempertontonkan tarian Kanjar Ganjur sebuah kebudayaan yang merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura.

Selanjutnya, Ganjar dipersilakan pihak kesultanan untuk ikut beranjak dari bangku untuk menarikan Kanjar Ganjur. Dia tampak tersenyum selama menari, sembari melihat seniman agar tidak salah mengikuti gerakan Kanjar Ganjur.

Menurut dia, tarian Kanjar Ganjur begitu elok dan mirip dengan tarian Jawa. Pasalnya, terdapat gamelan yang mengiringi tarian itu.

"Cara memainkannya saya kira sama, gerakan tariannya, ada yang topeng tadi, itu mirip. Pasti ada akulturasi budaya. Pasti," ujar Ganjar.

Ia pun memuji kehebatan Indonesia karena memiliki berbagai cerita menarik yang dapat menjadi nilai-nilai untuk dijaga dan dikembangkan.

"Saya sepakat untuk kita memperhatikan kesultanan yang masih hidup, masih berjalan dan berproses dengan benar," katanya.

Ganjar mengatakan selama masa kepemimpinannya di Jawa Tengah, pihaknya selalu berkontribusi kepada dua keraton yang berada di Surakarta.

"Ada dua di Surakarta dan terus kami dialog serta berkomunikasi agar itu juga berkembang, karena banyak sekali ajaran-ajaran yang sementara ini, sebenernya menjadi pegangan," kata Ganjar.

Diketahui, Ganjar melakukan kampanye hari kesembilan pada Rabu (6/12) dengan mendatangi tiga wilayah di Kalimantan Timur, yakni Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Samarinda.

Awalnya, Ganjar melakukan lari pagi bersama warga sekitar di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Rabu pukul 06.00 WITA.

Dia kemudian melanjutkan kegiatan hari kampanye kesembilan dengan berkunjung ke Kutai Kartanegara dengan mendatangi Pasar Loa Kulu, bertemu Sultan Kutai Kertanegara Kedaton, dan berziarah ke Makam Sulaeman.
Selanjutnya, Ganjar selama di Kutai Kartanegara juga bakal melakukan rapat internal bersama pimpinan TPD setempat dan caleg partai pengusung.

Ganjar setelah dari Kutai Kartanegara, kemudian melanjutkan perjalanan ke Samarinda dengan blusukan ke Pasar Segiri, melaksanakan silaturahmi kebangsaan, dan berbicara bersama milenial serta generasi Z.

Baca juga: Kesultanan Kutai Kartanegara doakan Ganjar Pranowo jadi Presiden RI
Baca juga: Anak muda Balikpapan: Ganjar pemimpin yang peduli milenial-Gen Z

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023