Jakarta (ANTARA) - Komandan Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan, mengatakan, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Girban Rakabuming Raka akan melanjutkan dan menyempurnakan program transformasi layanan kesehatan yang sudah dijalankan pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Jadi visi-visi ini yang melanjutkan apa yang sudah dibangun Pak Presiden Jokowi dan menyempurnakan, apa yang masih kurang kita tambah, misalnya tentang pemeriksaan kesehatan gratis ya,” kata dia,  saat ditemui dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di HQ Fanta, Jakarta, Rabu.

Baca juga: TKN Fanta gelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat

Ia menyebut, akselerasi transformasi layanan kesehatan yang sudah dijalankan Jokowi perlu ada keberlanjutan dan penyempurnaan. Ia menilai, hal tersebut tidak dapat dijalankan dengan sempurna dalam lima tahun kepemimpinan Jokowi.

“Sehingga masyarakat dimanapun dia berada, dia bisa memperoleh akses terhadap pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya. Jadi misalnya dari Maluku, mesti dirujuk sampai ke Jakarta. Di Jakarta mereka mesti bayar penginapan sendiri. Itu kan salah satu masalah-masalah yang selama ini kita hadapi di dunia kesehatan kita,” katanya.

Ia menambahkan, paslon nomor urut 2 itu berkomitmen untuk membangun rumah sakit beserta fasilitas penunjangnya di setiap kabupaten di Indonesia, sesuai dengan 8 program percepatan (quick wins) yang ditawarkan Prabowo-Gibran.

Baca juga: TKN: Kurikulum pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan industri

“Delapan program hasil terbaik cepat di visi-visi Pak Prabowo-Gibran tentang menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan kasus TBC 50 persen dalam lima tahun dan bangun rumah sakit lengkap berkualitas di kabupaten,” kata dia.

Lebih lanjut, Arief mengatakan TKN Fanta akan membantu menjalankan program Pranowo-Gibran dengan bekerja sama dengan caleg-caleg muda, sama TKN, TKD yang ada di daerah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat.

Ia menyebut, kegiatan itu merupakan bentuk kontribusi nyata pemuda TKN Fanta kepada masyarakat di bidang kesehatan.

Baca juga: TKN: Pelestarian lingkungan jadi salah satu fokus Prabowo-Gibran

“Klaster Fanta Health ini isinya semua tenaga kesehatan, dokter muda, perawat-perawat, dan apoteker. Jadi kita berdayakan mereka dan ikut bantu program-program Pak Prabowo dan Mas Gibran,” kata dia.

Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024, Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca juga: Dasco luncurkan mobil TKN Fanta Prabowo-Gibran untuk gaet pemilih muda

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023