Seluruh jalan Lintas Timur menjelang Lebaran harus berfungsi optimal, sesuai target selesai pada H-7.
Pekanbaru (ANTARA News) - Ketua Komisi C DPRD Provinsi Riau Aziz Zainal menyatakan pengerjaan proyek perbaikan dan peningkatan kualitas Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalinsum) di Provinsi Riau harus bisa sesuai target penyelesaian, yakni pada H-7 Lebaran.

"Seluruh jalan Lintas Timur menjelang Lebaran harus berfungsi optimal, sesuai target selesai pada H-7," kata Aziz ketika dihubungi ANTARA, dari Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan hingga kini proyek semenisasi terhadap sejumlah ruas jalan di Jalinsum masih berlangsung, diantaranya di daerah Minas Kabupaten Siak dan daerah Duri di Kabupaten Bengkalis. Menurut dia, semenisasi di jalan negara itu totalnya mencapai 28 kilometer yang dibiayai pemerintah pusat lewat APBN.

"Dalam rapat dengar pendapat kami mendapat laporan dari kontraktor bahwa progresnya mencapai 70 persen. Dalam waktu dekat kami akan melakukan pengecekan, apakah benar pengerjaannya dilapangan sudah 70 persen," ujarnya.

Ia berharap pihak kontraktor bekerja optimal dan jangan sampai tak mencapai target penyelesaian. Selain itu, ia meminta agar semenisasi jalan bisa berfungsi maksimal.

Sebab, ia mengatakan jarak antara aspal lama dengan semen mencapai 27 centimeter sehingga dinilai membahayakan kendaraan.

"Setiap ujung jalan yang disemen harus dibuat landai," katanya.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum, beberapa perbaikan jalan yang masih berlangsung di Jalan Lintas Timur Sumatera wilayah Provinsi Riau yaitu pada ruas Sikijang Mati--Simpang Lago berupa peningkatan kapasitas jalan melalui rekonstruksi betonisasi jalan.

Kemudian pelebaran jalan di ruas jalan batas kabupaten Inhu--Simpang Japura dan pelebaran jalan di ruas Simpang Lago--Sorek I

(F012)

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013