Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan operasional untuk penanganan bencana erupsi Gunung Merapi sebesar Rp250 juta.
 
Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansah di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan dana tersebut untuk dukungan operasional penanganan darurat bencana alam erupsi Gunung Marapi.
 
Ia mengatakan tim BNPB datang ke Kabupaten Agam selain menyalurkan bantuan juga untuk meninjau kondisi terkini bencana erupsi Gunung Marapi.
 
"Kami juga melihat bagaimana penanganan bencana, khususnya terhadap korban," katanya.
 
Ia berharap Pemkab Agam dan BPBD setempat bisa berbenah dalam mempersiapkan diri dan pencegahan agar meminimalisir korban jika terjadi bencana.

Baca juga: Polda Sumbar: Satu lagi pendaki Gunung Marapi ditemukan meninggal

Baca juga: Korban tewas akibat erupsi Marapi di Sumbar bertambah jadi 23 orang

Baca juga: PVMBG Kementerian ESDM sebut status Gunung Merapi di level Waspada
 
Sementara Bupati Agam Andri Warman mengucapkan terimakasih kepada BNPB atas perhatiannya kepada Kabupaten Agam, khususnya terhadap bencana erupsi Gunung Marapi.
 
Dengan hadirnya BNPB, Pemkab Agam dan BPBD Agam bisa saling berkoordinasi, baik dalam pencegahan, penanganan maupun penanggulangan bencana.
 
"Dengan koordinasi tersebut Pemkab Agam khususnya BPBD Agam dan relawan yang ada bisa lebih fokus dalam penanganan bencana alam," katanya.
 
Ia menambahkan, total pendaki Marapi yang terdata sebanyak 75 orang dengan rincian 21 pendaki naik dari jalur Koto Baru dan 54 orang naik dari jalur Batu Palano.
 
Dari 75 orang itu, 52 orang selamat dan 23 orang meninggal dunia.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023