Tangerang (ANTARA) - Air Asia Indonesia akan menyediakan sebanyak 25.200 kursi penerbangan tambahan selama momen libur Natal dan Tahun Baru atau akhir tahun yang diproyeksikan terjadi pada 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Direktur Utama Indonesia Air Asia Veranita Yosephine di Tangerang, Rabu mengatakan penambahan fasilitas penerbangan ini disediakan untuk mengakomodir rute yang memiliki permintaan tinggi, diantaranya Jakarta, Denpasar, Medan, Silangit, Surabaya dan Kuala Lumpur.

"Indonesia Air Asia bersiap mengantisipasi potensi lonjakan penumpang dengan menyediakan pesawat tambahan. Langkah strategis ini kami ambil untuk memastikan ketersediaan dan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan bagi penumpang, terutama pada rute-rute menuju destinasi wisata," katanya.

Baca juga: AirAsia Travel Fair tawarkan ragam pengalaman ASEAN dan peluang karier

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, permintaan perjalanan di Indonesia pada momen akhir tahun diperkirakan akan meningkat hingga 80 persen selama periode 24 hari (16 Desember 2023 - 8 Januari 2024) di seluruh wilayah dan moda transportasi udara menjadi urutan keempat yang paling diminati.

Air Asia Indonesia sebagai penyedia transportasi udara pun mengalami lonjakan permintaan terbang baik domestik maupun internasional terutama di rute-rute yang melayani destinasi wisata. Kendati, Indonesia Air Asia pun memahami animo penumpang yang ingin melakukan perjalanan saat libur Natal dan tahun Baru.

"Selain menyediakan pesawat tambahan, Indonesia Air Asia juga menghadirkan promo Air Asia Birthday Sale rute internasional sebagai bagian dari upaya meningkatkan keinginan penumpang untuk mengunjungi berbagai destinasi pariwisata favorit bersama keluarga," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf siap fasilitasi Air Asia Group buka rute baru ke Indonesia

Pada momen Nataru kali ini, Indonesia Air Asia telah mengumumkan beberapa rute domestik
dan internasional baru yang dapat menjadi pilihan penumpang dalam melakukan perjalanan, seperti Denpasar-Kupang (Penerbangan Perdana 16 Desember 2023),
Denpasar-Lampung (Penerbangan Perdana 17 Januari 2023) dan Jakarta-Kota Kinabalu (6 Februari 2023).

"Hingga September 2023, sekitar 700,000 wisatawan asing telah menggunakan penerbangan Indonesia Air Asia untuk masuk ke Indonesia, dengan Bali dan Jakarta menjadi destinasi favorit," tuturnya.

Menjelang akhir tahun ini dan awal tahun depan, Air Asia telah menetapkan sejumlah target, termasuk memperluas jaringan di Asia dan Pasifik dengan meluncurkan rute internasional baru.

Dengan begitu, diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk dukungan Air Asia terhadap pemulihan industri pariwisata dan perekonomian Indonesia.

"Indonesia Air Asia terus meningkatkan pelayanan untuk menjawab kebutuhan penumpang sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023