Pendampingan, pengawasan hingga manajemen koperasi terus dilakukan guna memastikan kelanjutan kampung nelayan modern tersebut
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (Sesditjen PT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Trian Yunanda mengatakan, untuk memastikan operasional Kampung Nelayan Modern (Kalamo) Desa Samber-Binyeri, Biak Numfor, Papua pendampingan dan pengawasan terus dilakukan.
 
"Pendampingan, pengawasan hingga manajemen koperasi terus dilakukan guna memastikan kelanjutan kampung nelayan modern tersebut," ujar Trian dalam Bincang Bahari yang digelar di Jakarta, Rabu.
 
 
Ia menambahkan, agar Kalamo terus berkelanjutan dan sesuai dengan apa yang diharapkan, pihaknya melakukan rekayasa sosial, di antaranya yaitu peningkatan kapasitas, koperasi, kewirausahaan dan sertifikasi, standardisasi dan perizinan.
 
 
Kalamo, lanjut dia, merupakan program yang mentransformasikan ruang hidup dan ruang sosial nelayan menjadi lebih baik, dan lebih berkembang, dengan seluruh dimensi melalui pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kapasitas masyarakat melalui social engineering.
 
 
Adapun intervensi yang dilakukan pemerintah dalam kampung nelayan modern di Biak yaitu mengalokasikan anggaran sebesar Rp22,11 miliar yang digunakan untuk pembangunan fasilitas pokok produksi perikanan berupa dermaga & tambatan perahu, jalan akses dan jalan kawasan, instalasi air bersih, IPAL dan MCK, penerangan, gardu pandang, shelter pendaratan, turap beton dan pedestrian.
 
 
Kemudian pembangunan fasilitas pengusahaan perikanan berupa kantor koperasi pengelola, pabrik es portabel kapasitas 3 ton, gudang beku portabel kapasitas 10 ton, sarana perbaikan kapal (dock shipyard), sentra kuliner, kios persediaan, bengkel nelayan, kendaraan berpendingin roda 4.

Selanjutnya untuk bantuan sarana penangkapan ikan dilakukan pemberian berupa kapal penangkapan ikan dan mesin sebanyak 20 unit, mesin yamaha 15 PK sebanyak 5 unit, API gillnet monofilamen sebanyak 51 unit, API handline sebanyak 228 unit, serta coolbox sebanyak 120 unit.

Baca juga: KKP: Kalamo Biak Numfor dapat tingkatkan penghasilan Rp14,89 triliun

Baca juga: Kalamo Samber-Binyeri sebagai proyek strategis nasional di Biak

Baca juga: BPPSDM KP siapkan bale pelatihan di Kalamo Biak untuk kembangkan SDM

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023