Harapannya untuk masyarakat, baik nelayan maupun ibu-ibu di sini, untuk peningkatan SDM, ada banyak pelatihan, seperti bagaimana perawatan mesin dan pengolahan produk-produk perikanan. Ada empat penyuluh yang disiapkan di sini
Jakarta (ANTARA) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung kesinambungan Kampung Nelayan Modern (Kalamo) Desa Samber-Binyeri, Biak Numfor dengan menyiapkan bale pelatihan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).
 
Bale Pelatihan yang dikelola oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDM di bawah Pusat Pelatihan dan Penyulukhawqn Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP), dan diperuntukkan bagi pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

"Harapannya untuk masyarakat, baik nelayan maupun ibu-ibu di sini, untuk peningkatan SDM, ada banyak pelatihan, seperti bagaimana perawatan mesin dan pengolahan produk-produk perikanan. Ada empat penyuluh yang disiapkan di sini," dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

BPPSDM menyiapkan Bale Pelatihan tersebut ditujukan untuk kegiatan pendampingan, penyampaian informasi dan sosialisasi kebijakan pembangunan dan inovasi teknologi kelautan dan perikanan.

Adapun lokasi Bale Pelatihan terintegrasi dengan kantor koperasi, pabrik es, gudang beku dan bengkel nelayan di Kalamo. Pembangunan Bale Pelatihan dilengkapi dengan Smart TV, speaker aktif, meja dan kursi untuk pelatihan, serta fasilitas-fasilitas lainnya.

BPPSDM juga telah melakukan Rekayasa Sosial yang di koordinasikan oleh Balai Besar Riset Sosial dan Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP), salah satu UPT BPPSDM lainnya, serta pembangunan kapasitas SDM dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan dan menjembatani kegiatan bimbingan teknis sertifikasi untuk peningkatan kapasitas SDM kerja sama dengan seluruh Unit Eselon 1 KKP yang di kolaborasi dan dikoordinasikan oleh Puslatluh KP.

Sementara itu, Kepala Puslatluh KP Lilly Aprilya Pregiwati menuturkan, pelatihan oleh BPPP Ambon dalam mendukung Kalamo tersebut antara lain penanganan ikan di atas kapal bagi 30 nelayan, pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan bagi 30 wanita nelayan, pelatihan perawatan dan perbaikan mesin penggerak utama kapal bagi 30 nelayan, pelatihan laminasi kapal fiber bagi 30 nelayan, dan pelatihan sertifikasi kecakapan nelayan bagi 90 orang.

Dalam penyelenggaraannya, BPPSDM bekerja sama dengan berbagai pihak dari mulai Unit Eselon I KKP lainnya, Pemerintah Daerah setempat, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/Non Governmental Organization (NGO), seperti Global Environment Facility untuk pelatihan pembuatan batik Ecoprint bagi 30 wanita nelayan di Kalamo.

Selain itu, Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Sorong, salah satu satuan pendidikan KKP, juga menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kalamo.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023